Sore Ini Presiden Jokowi Lantik Bambang Susantono jadi Kepala dan Dhony Rahajoe Wakil Otorita IKN serta Gubernur Sulsel

TOPIKINDONESIA.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Wakil Kepala Otorita IKN, Kamis (10/3/2022) sore ini.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan melantik Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Sisa Masa Jabatan Tahun 2022-2023.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan, yang akan dilantik sebagai Kepala Otorita IKN adalah Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN adalah Dhony Rahajoe.

Sedangkan Andi Sudirman Sulaiman akan dilantik Presiden Jokowi menjadi Gubernur Sulsel.

“Kamis sore pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” ucap Heru, seperti dilansir Topikindonesia.id dari Kilaulampung.com, Kamis (10/3/2022).

Heru menyampaikan, acara pelantikan ketiga pejabat negara tersebut akan disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden.

Baca juga

Siap Pimpin Partai Gerindra Lampung, RMD Kandidat Potensial Maju Walikota

“Tentunya acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB dengan diawali terlebih dahulu prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Sosok Bambang Susantono
Perlu diketahui, Sosok Bambang Susantono berasal dari kalangan profesional bukan dari partai politik seperti yang ditegaskan Presiden Jokowi belum lama ini terkait siapa yang bakal mengisi Kepala Otorita IKN Baru.

Presiden Jokowi juga menginginkan Kepala Otorita IKN Baru itu datang dari sosok yang paham dengan pengembangan wilayah karena pernah memimpin daerah atau berlatar belakang arsitek.

Berdasarkan catatan, pria kelahiran 4 November 1963 itu punya rekam jejak pernah berada di pemerintahan. Ia juga mempunyai berbagai pengalaman dan keahlian dalam bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah.

Menurut catatan, Bambang adalah seorang lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia mengawali karier dengan bekerja di Departemen Pekerjaan Umum. Kemudian pada 1996, Bambang menempuh pendidikan lanjutan di Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat, serta meraih gelar master tata kota dan wilayah.

Baca juga

Oknum ASN Lampung Tengah Jadi Tersangka TPPO

Dalam bidang organisasi, Bambang pernah menjadi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2004 sampai 2010. Di saat yang bersamaan, Bambang dia berkecimpung di Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Pada 2010—2014, Bambang Susantono didapuk Presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Perhubungan di Kabinet Indonesia Bersatu II.

Selanjutnya sejak 2021, Bambang Susantono menjabat sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia, Tbk.

Selain itu juga, di bidang akademis, Bambang Susantono juga mengajar dan membimbing tesis di Program Pasca Sarjana Bidang Ilmu Teknik Universitas Indonesia (UI). Bambang dan 10 guru besar dari sejumlah universitas di Asia Timur juga melakukan penelitian di bidang transportasi.

Riset tersebut juga menyoroti fenomena di kota-kota megapolitan di Asia Timur yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan sosial perkotaan. (*)

 1,256 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *