Pemkot Bandarlampung Antisipasi Kenaikan Harga Beras Jelang Iduladha

TOPIKINDONESIA.ID – Pemkot Bandarlampung melalui Dinas Pangan terus melakukan pemantauan harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional jelang Iduladha 1445 Hijriah.

Kabid Pangan Kota Bandarlampung, Ayu Kumala Dewi mengatakan pada H-6 Iduladha sejumlah bahan pokok telah mengalami kenaikan harga. Terpantau gula dan bawang merangkak naik.

“Sudah mulai naik dari 3 hari lalu. Harga gula naik seribu, dari semula Rp17-18 ribu per kilogram menjadi Rp18-19 ribu per kilogram. Sementara harga bawang lumayan naik banyak, saat ini harga bawang merah Rp40 ribu per kilogram dan bawang bombay Rp60 ribu per kilogram,” kata Ayu, Senin (10/6/2024).

Menurutnya, berdasarkan keterangan pedangan belum ada peningkatan permintaan terhadap bahan pokok tersebut, pasokan pun tidak mengalami gangguan.

“Kalau kita lihat di pasar barangnya banyak, kualitasnya bagus-bagus, cuma ada kenaikan harga,” jelasnya.

Ayu mengaku pihaknya tengah mengantisipasi kenaikan harga beras, pasalnya saat ini ketersediaan beras dari petani sudah mulai menipis dan pemerintah telah menaikan harga eceran tertinggi.

“Yang kita tahu bahwa harga beras sempat turun karena banyak daerah panen raya, tapi sekarang berasnya sudah habis. Pemerintah sudah menetapkan harga tertingginya Rp14.900. Kita harus persiapan rasionalisasi, pasti di pasar akan ada kenaikan, dan stok menipis. Semoga stok bisa sampai akhir tahun,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *