Mudik Gratis BUMN PTPN IV PalmCo Regional 1, Berangkatkan 500 Pemudik ke 7 Kota di Sumatra

TOPIKINDONESIA.ID – PTPN IV PalmCo di seluruh regional telah memberangkatkan 500 pemudik ke tujuh kota di pulau Sumatra sebagai bagian dari implementasi program mudik gratis BUMN 2024 menjelang hari raya kemenangan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Program mudik gratis tersebut dilaksanakan secara serentak oleh empat regional PTPN IV di Sumatra Utara, Riau dan Jambi pada hari Jumat, 5 April 2024.

“Alhamdulillah pada hari ini 500 pemudik bisa pulang kampung dengan nyaman menggunakan puluhan bus sebagai moda transportasi yang aman,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin-angin di Jakarta.

Tujuh kota yang dilayani mudik gratis melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) PalmCo itu dari rute Medan ke Labuhan Batu, Medan ke Pekanbaru, Medan ke Panyabungan dan Medan ke Padang.

Selanjutnya perusahaan perkebunan kelapa sawit plat merah terluas di dunia tersebut juga menyiapkan rute Pekanbaru sebagai kota asal dengan tujuan ke Medan, Pekanbaru-Padang juga Pekanbaru-Mandailing Natal dan terakhir dari kota Jambi dengan tujuan Padang serta Jambi tujuan Medan.

“Melalui program ini juga menjadi langkah kita dalam mendukung kebijakan pemerintah guna menekan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Harapannya tentu dapat menekan potensi Lakalantas melalui pengalihan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman,” paparnya.

Irwan mengakui bahwa antusiasme masyarakat untuk pulang kampung pasca pandemi ini begitu tinggi. Ditambah dengan adanya cuti bersama yang panjang serta sirkulasi ekonomi yang tergolong baik menjelang Idul Fitri.

Hal tersebut terbukti dengan jumlah kuota yang telah disediakan perusahaan secara daring langsung ludes diburu masyarakat dalam waktu singkat.

“Kita berdoa semoga seluruh pemudik bisa selamat sampai tujuan. Sampaikan salam kami kepada sanak saudara di kampung halaman. Ke depan, tentunya kita berkomitmen agar program mudik bersama ini bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi dengan tujuan yang lebih banyak pula,” paparnya.

Sastria Budi Prasetya, mahasiswa UMSU salah seorang pemudik mengapresiasi program mudik bersama BUMN oleh PTPN IV Regional 1 Medan. Dengan raut wajah bahagia, ia yang berasal dari Bagan Batu mengaku tidak sabar untuk segera dapat berkumpul bersama keluarganya di kota kelahirannya.

Ia mengaku biasanya kerap mudik menggunakan kendaraan umum seperti bus, namun kali ini ia ingin merasakan pengalaman berbeda dengan mudik beramai-ramai bersama orang-orang yang baru ia kenal yang difasilitasi PTPN IV Regional 1.

“Seru rasanya karena bus yang kami naiki sangat bagus dan engkap dengan hiburan dan pendingin udara. Kami juga dapat baju, topi dan goody bag yang berisi roti, perobatan gratis dari perusahaan. Ini adalah momen berharga bagi kami sebagai pemudik,” tuturnya.

Region Head PTPN IV PalmCo Regional 1, Ahmad Gusmar Harahap mengatakan pihaknya telah menyiapkan empat unit bus eksekutif untuk membawa 144 pemudik yang dibagi menjadi dua bus dari kota Medan ke kota Bagan Batu dan dua bus rute Medan ke Pekanbaru yang berangkat dari halaman kantor PTPN IV PalmCo Regional 1 Jalan Sei Batanghari No. 2 Medan pada 5 April 2024.

“Kami merasa senang melihat bapak dan ibu serta adik-adik mahasiswa yang merasakan euforia mudik menjelang Idul Fitri tahun 2024 ini. Semoga semua pemudik selamat sampai tujuan dan berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman,” katanya sebelum melepas keberangkatan empat bus menuju Bagan Batu dan Pekanbaru.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *