Wali Kota Eva Dwiana Cek Rumah Warga Terdampak Banjir

TOPIKINDONESIA.ID – Wali Kota Eva Dwiana melanjutkan pemantauan dampak banjir di Kota Bandarlampung, Minggu pagi (25/2/2024).

Dia mengungkapkan langkah darurat dan panjangnya untuk mengatasinya.
Untuk jangka pendeknya, Wali Kota Eva Dwiana yang didampingi para petinggi stakeholdernya mengatakan akan segera memperbaiki tanggul permukiman warga, membagikan beras, dan nasi kotak siang ini.

“Semua warga yang terdampak, ada ratusan KK, kita bantu, termasuk rusaknya lima sampai enak rumah,” ujarnya dikawal BPBD, Damkar, Dinas Perhubungan, Pol PP, lurah, dan camat di Gang Damai Jalan Pagar Alam PU Tanjungkarang Barat.

Jangka panjang, Wali Kota Eva Dwiana merencanakan pembuatan kanal banjir yang lebih kokoh. “Banjir besar kali ini di luar dugaan kita,” katanya.

Dia mohon kerjasama masyarakat agar tak terulang lagi banjir sebesar ini.”Untuk pengerukan, gak ngerti lagi kita seringnya, gerebek sungai juga, tapi memang banjir kali ini sangat ekstrim, di luar dugaan kita,” ujarnya.

Pemkot Bandarlampung akan terus membenahi jaringan drainase Kota ini.
Hingga tengah malam, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana melihat langsung kawasan terdampak banjir. Hasilnya, banyak sungai dan drainase yang mengalami penyempitan akibat bangunan dan diperparah sampah.

Dengan warga, Wali Kota Eva berdialog mencari solusi mengatasi kejadian ini agar tak terulang lagi. Seorang warga tak keberatan bangunannya yang membuat sempit aliran air dinormalisasikan.

Namun, kata warga tersebut, percuma juga jika tidak dinormalisasi bangunan-bangunan yang menyempitkan sungai ke arah hilirnya.”Harus dinormalisasi semua,” katanya.

Wali Kota Eva Dwiana meminta lurah setempat mencatat apa-apa saja yang jadi masalah. “Doakan, Pemkot banyak uang biar bisa menormalisasi sungai-sungai agar tak terjadi banjir,” katanya.

Tim Satgas Pemkot Bandarlampung juga bekerja keras melakukan pembersihan sampah agar banjir cepat surut di beberapa wilayah. Tim terdiri dari Damkar, BPBD, DLH, Satpol PP, dan Dinas Sosial.(*)

 1,296 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *