PIP : Kakon Nusawungu Pringsewu Tegaskan Nilai – Nilai Kearipan Lokal Mulai Luntur

TOPIKINDONESIA.ID – Apresiasi disampaikan Kepala Pekon Nusawungu Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu, Joko Supriyono atas kehadiran Anggota DPRD Lampung, Fx. Siman yang telah hadir dan menggelar kegiatan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP), Sabtu (18/2/2023).

Karena, akhir – akhir ini. Nilai kearipan lokal diwilayah kerjanya sudaj mulai terkikis.

“Maksih banyak pak Siman, bisa hadir di pekon kami. Jujur, disini masyarakatnya beragam suku, agama, budaya. Dan, yang paling penting adalah akhir – akhir ini nilai – nilai kearipan lokal sudah mulai terkikis,” kata Kepala Pekon Nusawungu Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu, Joko Supriyono. Disela kegiatan.

Bukan hanya itu, kata Joko. Diwilayah kerjanya, terdapat masyarakat yang menganut kepercayaan Paghoiban Budaya Bangsa (PBB). Artinya, sangat tepat mengikuti kegiatan Ideologi Pancasila pada kali ini. Agar, nilai – nilai pancasila kembali bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

“Perlu saya sampaikan kepada Bapak Siman, bahwa kondisi Budaya Nusawungu, 80 persen islam, dan 20 persen non muslim, terdiri dari penganut kepercayaan Paghoiban Budaya Bangsa (PBB), dan katolik. Mudah – mudahan dengan kolaborasi agama yang ada dipekon ini, kegiatan PIP dapat memupuk kembali ideologi pancasila,” kata dia.

Tentu, besar harapan dari masyarakat Nusawungu. Materi yang disampaikan oleh narasumber bisa memberikan wawasan lebih mendalam akan pancasila itu sendiri. Sehingga, keberagaman agama dan suku di Pekon ini bisa menjadi contoh bagi wilayah lain. Apalagi, secara data penganut PBB yang ada disini merupakan terbesar secara nasinal.

“Nah, kepada masyarakat yang hadir. Ikuti dengan baik kegiatan ini. Cermati, pahami, dan sampaikan ilmu yanh didapat ke tetangga, keluarga dan masyarakat sekitar yang belum bisa hadir di kegiatan ini,” tegasnya.(*)

 

 196 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *