Didukung jadi Capres 2024, Pengamat: Warga NU Percaya Erick Thohir Pemimpin Jujur dan Amanah

TOPIKINDONESIA.ID – Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir semakin menanjak seiring ramainya dukungan yang dibarengi dengan peningkatan tren elektabilitasnya di beberapa lembaga survei.

Terbaru, survei Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) menempatkan Erick Thohir masuk dalam 3 besar calon presiden (Capres) yang menjadi pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU) pada Pilpres 2024.

Baca juga

Ketua Gelora Lampung Siap Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 2024

Direktur Suropati Syndicate Muhammad Shujahri mengatakan, pilihan warga Nahdliyin atau NU ke Erick Thohir itu miliki dasar kuat, yakni saling percaya antara Erick Thohir dan warga Nahdliyin.

Erick Thohir juga sudah banyak turun ke lapangan dalam bekerja memimpin kementrian BUMN, dan Erick sendiri sadar bahwa kerja-kerjanya harus ditopang oleh masyarakat.

“Saya sangat Mengapresiasi kemunculan nama Erick Thohir dalam survei di masyarakat Nahdliyin. Nah ketika turun langsung ke lapangan pak Erick seringkali berkontak langsung dengan warga NU. Maka wajar jika kedekatan-kedektan itu berlanjut karena adanya hubungan kepercayaan,” kata Muhammad Shujahri saat dihubungi, Minggu (10/4/2022).

Dikatakan Shujahri, bahwa Erick Thohir memberikan perhatian besar kepada NU agar bisa menjadi poros kebangkitan ekonomi nasional melalui program dan kolaborasi antara Kementerian BUMN dan NU.

Baca juga

DPR RI Apresiasi Kerja Keras Erick Thohir Bangun RSOJ Pertama di Indonesia Timur

Apa yang diberikan Erick Thohir dirasakan manfaatnya oleh warga Nahdliyin, sehingga tercermin dari survei CSIIS bahwa salah satu figur dari kelompok Nahdliyin yang diharapkan bisa memimpin bangsa ini ke depan adalah Erick Thohir.

“Warga NU percaya pak Erick adalah pemimpin yang jujur dan amanah,” ucapnya.

Menurut Shujahri, suara NU adalah salah satu faktor determinan di pemilihan manapun di Indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo di 2019 berhasil memenangkan Pilpres karena salah satu dukungan kuat dari warga NU Indonesia.

“Maka mendapat atensi dari warga NU itu sudah angin segar bagi siapapun calon pemimpin nasional kedepannya. Terkait kemunculan pak Erick di survei ini menandakan bahwa inklusifitas warga NU terhadap sosok kepemimpinan nasional memang sangat besar,” ungkapnya.

Baca juga

Miliki Kinerja Bagus, Pengamat Nilai Erick Thohir Cocok jadi The Next Jokowi

“Selain itu saya lihat di medsos Pak Erick juga sering berkunjung silaturahmi ke pesantren-pesantren,” sambungnya.

Lanjut Shujahri, Erick Thohir yang juga anggota kehormatan Banser itu bisa jadi role model di kalangan NU karena dinilai salah satu tokoh yang sukses, baik dari kepribadian, bisnis maupun saat menjabat sebagai Menteri BUMN.

Shujahri juga melihat performa kinerja Erick Thohir positif selama memimpin BUMN. Erick juga dipandang sebagai pemimpin yang berhasil dalam setiap tugas yang diberikan Presiden Jokowi.

“Di zaman Erick Thohir ini BUMN yang tidak menguntungkan secara signifikan, konsekuensinya kalau tidak merger ya dibubarkan. Kecuali BUMN yang berorientasi service public. Selain itu penugasan khusus dari presiden juga pak Erick cukup responsif dan memuaskan kinerjanya seperti komite penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Selain berprestasi, lanjut Shujahri, gagasan Erick Thohir senafas dengan komitmen NU untuk penguatan ekonomi umat dan pesantren. Upaya kolaborasi, program dan gagasan itu diterima baik oleh kelompok nahdliyin.

Selain itu, Erick Thohir yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu mengerti bagaimana membangun basis ekonomi mandiri, dan itu sejalan dengan tradisi warga NU yang juga dikenal punya banyak inisiatif kemandirian ekonomi di masing-masing wilayah, hingga di tiap pesantren.

“Mindset pak Erick thohir ini yang menurut saya senafas dengan NU. Inisiatif seperti Pendirian badan usaha NU bekerjasama dengan BUMN itu akan sangat berimplikasi positif bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Riset CSIIS Ali Muhtarom mengatakan salah satu alasan kuat Erick Thohir disukai oleh warga NU adalah program-program dan bantuan Kementerian BUMN dirasakan langsung oleh masyarakat (Warga NU).

“Saya menilai seperti itu. Beberapa program yang secara khusus diarahkan dalam pengembangan NU seperti pertashop, santri magang, pembuatan badan usaha milik NU tersebut memang bisa dikatakan sebagai bentuk perhatian pak Erik Tohir pada NU, yang secara otomatis akan berdampak pada elektabilitas Erick Thohir, yaitu pengaruh dukungan dari Nahdliyyin,” kata Ali Muhtarom, Minggu (10/4/2022).

Dijelaskan Ali Muhtarom, Erick Thohir memiliki peluang besar untuk mendapat dukungan lebih besar dari warga NU ke depan. Salah satu caranya adalah intens melakukan safari ke pesantren dan silaturahmi ke para tokoh NU.

“Beberapa program kemitraan yang dilaksanakan dan diberikan untuk warga Nahdliyyin sebagaimana dijelaskan diatas, juga bagian dari strategi dan pendekatan yang efektif untuk berkompetisi mengambil hati masyarakat NU, baik yang struktural maupun kultural,” pungkasnya.

Baca juga

Kapolri Jenderal Sigit Pastikan Stok BBM Bersubsidi Terjamin dan Tepat Sasaran

Sebelumnya, Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) telah merilis hasil penelitiannya yang salah satunya memuat calon presiden atau Capres 2024 pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU).

Dalam survei yang dilakukan pada 1 April 2022 itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk dalam 3 besar calon presiden paling diminati warga Nahdlatul Ulama (NU) pada Pilpres 2024 mendatang. (*)

 1,400 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *