Jelang HUT ke-61, Hutama Karya Raih Presisi Award Tahun 2022 dan Siap Layani Mudik Lebaran

TOPIKINDONESIA.ID – Jelang hari jadinya yang ke-61, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) meraih penghargaan terkait penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol yang dikelola pada ajang Presisi Award tahun 2022.

Acara ini diselenggarakan oleh Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka Launching ETLE Nasional Presisi Tahap II yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam ajang tersebut, Hutama Karya mendapatkan penghargaan Kategori Penerapan Integrasi ETLE Nasional Presisi di jalan tol.

Digelar secara offline pada Sabtu (26/03/2022), penghargaaan diserahkan secara langsung oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo kepada Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar, Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru dan pejabat
lainnya yang juga mendapatkan penghargaan terkait penerapan ETLE.

Direktur Operasi III Hutama Karya mengatakan bahwa penghargaan tersebut berhasil diraih Hutama Karya atas inovasi penerapan ETLE pertama di jalan tol Indonesia yang terintegrasi
langsung dengan Kepolisian Republik Indonesia.

“Kami mendapatkan penghargaan dari hasil inisiasi penerapan ETLE di jalan tol yang kami kelola. Sebelumnya tentu melalui tahapan proses pengembangan dan uji coba yang cukup menantang, dan Alhamdulillah prosesnya tidak
lebih dari 2 (dua) tahun sudah dapat Go Live dan dirasakan manfaatnya bersama,” ungkap Koentjoro.

Kami berharap penghargaan ini dapat memicu manajemen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan jalan tol dan menciptakan jalan tol yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan,” sambung Koentjoro.

Lakukan Berbagai Persiapan Hadapi Mudik Lebaran

Selain mendapatkan penghargaan, di minggu yang sama Hutama Karya selaku pengelola beberapa ruas tol di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sudah mulai melakukan persiapan pelayanan demi memastikan arus lalu lintas mudik pada momen Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 mendatang berjalan dengan lancar.

Untuk memastikan hal tersebut, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro meninjau secara langsung perbaikan dan kesiapan JTTS Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, dan Ruas Palembang–Indralaya bersama dengan Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, Direktur Jalan Bebas Hambatan Budi Harimawan, dan Kepala Bidang Teknik BPJT Ni Komang Rasminiati beserta
jajaran pada Kamis – Jum’at (24-25/03/2022).

Di sela-sela kegiatan tersebut, Koentjoro mengatakan bahwa Hutama Karya memastikan seluruh ruas JTTS yang dikelola siap untuk dilalui pada saat mudik Lebaran 2022.

“Kami akan selesaikan berbagai perbaikan pada jalan tol yang dikelola sebelum momen mudik dimulai.
Kami juga telah melakukan berbagai persiapan dan peningkatan pelayanan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di di Gerbang Tol,” terang Koentjoro.

Lebih lanjut ia merincikan persiapan yang dilakukan meliputi peningkatan kapasitas gerbang tol, penambahan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, bekerja sama
dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk menyediakan kantong-kantong parkir, agar tidak terjadi antrian di penyebrangan pelabuhan menuju Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan.

Mengingat saat ini, lanjutnya tiket kapal sudah melalui online, penambahan petugas siaga, memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi, melakukan penambahan SPBU modular di beberapa tempat, menyediakan mobil ATM berjalan demi mempermudah transaksi pengguna jalan, penambahan toilet portable, hingga penambahan pos kesehatan dan pos pantau yang bekerja
sama dengan pihak Kepolisian Daerah Setempat.

Koentjoro juga menegaskan bahwa seluruh Rest Area yang dikelola akan dioperasikan pada saat momen mudik mendatang.

“Rest Area tersebut diantaranya yakni 12 Rest Area di di Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar yang terletak di KM 20 Jalur A&B, KM 33 Jalur A&B, KM 49 Jalur A&B, KM 67 Jalur A&B, KM 87 Jalur A&B, KM 116 Jalur A & B, 9 (sembilan) Rest Area di Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung tepatnya di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, KM 311 A, 8 (delapan) Rest Area serta 4 (empat) Rest Area Temprorary di Ruas Pekanbaru-Dumai yang berlokasi di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B, KM 82 Jalur A & B yang fasilitasnya tidak kalah dengan Rest Area Permanent yaitu meliputi SPBU, tenant UMKM, minimarket, musholla, dan lainnya, serta mewajibkan pengunjung menggunakan aplikasi Peduli Lindungi,”
imbuh Koentjoro.

Hutama Karya memprediksi lonjakan trafik kendaraan di JTTS secara keseluruhan menembus lebih dari 3,8 juta kendaraan.

“Kami perkirakan lonjakan akan terjadi di H-7 Hari Raya Idul Fitri dimana trafiknya akan naik hingga 14.56%. Memang tidak terlalu signifikan tetapi jika dibandingkan dengan Mudik Lebaran Tahun 2021 akan meningkat kurang lebih 600 ribu kendaraan. Jika terjadi lonjakan, kami telah siapkan strategi rekayasa lalu lintas dengan
melakukan pengalihan arus (misalnya apabila terdapat antrian panjang pada GT Bakauheni Selatan akan dialihkan menuju GT Bakauheni Utara,) menyiapkan rubbercone untuk
membebaskan bahu jalan saat terjadi antrian, dan menggunakan skema contraflow yang berkoordinasi dengan pihak kepolisian,” tutup Koentjoro.

Direktur Operasi III Hutama Karya. Saat ini ruas-ras JTTS yang sudah dioperasikan oleh Hutama Karya antara lain Ruas Tol Bakauheni–Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Ruas Palembang–Indralaya, Ruas Pekanbaru–Dumai, Ruas Medan–Binjai–Stabat dan
Ruas Sigli–Banda Aceh Seksi III & IV.

Hutama karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Selain itu Hutama Karya terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku
dimanapun berada. Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol.

Sekilas Tentang Hutama Karya PT Hutama Karya (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Pengembang Infrastruktur dan Pengelola Jalan Tol yang menyediakan Jasa Konstruksi & EPC, Investasi Jalan Tol, Operasi Dan Pemeliharaan Jalan Tol, Manufaktur serta Pengembangan Properti dan Kawasan. Saat ini perusahaan sedang menyukseskan mandat pemerintah untuk membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dalam menjalankan visi sebagai Pengembang Infrastruktur Terkemuka Indonesia, Hutama Karya berkolaborasi dengan 3 anak perusahaannya mengoptimalkan inovasi pada setiap aspek bisnisnya agar tetap menjadi bagian penting dalam kemajuan pembangunan Infrastruktur Indonesia.

Adapun ketiga anak perusahaan
Hutama Karya saat ini adalah PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) di bidang jasa konstruksi, PT Hakaaston (HKA) di bidang manufaktur dan penyedia aspal beton, serta PT Hutama Karya Realtindo (HKR) di bidang pengembang properti. (*)

 

 880 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.