Lapas Tangerang Terbakar, 41 Napi Tewas Terpanggang, Kebakaran Berawal dari Blok C2 Tahanan Narkoba

TOPIKINDONESIA.ID, TANGERANG -Peristiwa kebakaran menggemparkan publik Indonesia, terjadi di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1A Tangerang Provinsi Banten.

Lapas mengalami kebakaran pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

Hal itu dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Deni Koeswara. Sadisnya, hasil identifikasi sementara 41 napi tewas mengenaskan.

Korban tewas terpanggang dalam jeruji Lapas Tangerang. Banyaknya korban tewas yang terpanggang, karena peristiwa kebakaran terjadi pada Rabu pukul 02.30 WIB dini hari. Dimana pada waktu jam tidur para napi. Sedangkan jumlah luka bakar sebanyak 81 orang.

Insiden kebakaran tersebut terjadi pada pukul 02.00 WIB waktu setempat dan menimpa Blok C2 yang terdapat aula dan ruangan tempat para napi menginap. Akibat musibah tersebut 41 orang sedang berada di dalam ruangan tersebut tewas, 72 lainnya luka ringan, 8 lainnya luka serius.

“Iya benar, kejadiannya sekitar pukul 02.00 WIB,” ujar Deni.

Tim dari pemadam kebakaran diterjunkan untum memadamkan kobaran api. Puluhan mobil kebakaran diturunkan. Api baru padam setelah dua jam upaya pemadaman.

Rabu pagi, jenazah korban kebakaran dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang. Hingga saat ini belum teridentifikasi korban meninggal.

Sementara itu, Pada saat kejadian kabakaran, lapas itu berisi 2.069 narapidana (napi) dan tahanan di mana seharusnya hanya berisi 900-an orang.

“Kalau kondisi lapas, tentunya overkapasitas ya. Dari kapasitas yang seharusnya 900an ini terisi 2.069 orang,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pas Rika Apriyanti kepada wartawan, Rabu (8/9/2021).

“Penjagaan totally dari Lapas Klas 1 Tangerang itu ada 13 orang itu dibagi 4 blok,” imbuh Rika. (Sbhn/Fik/TI)

 

Loading