KPU Bandarlampung Serahkan 15 Kotak Suara untuk 829 Warga Binaan LP Rajabasa

TOPIKINDONESIA.ID – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Rajabasa Bandarlampung menerima 15 logistik kotak suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Senin (12/2/2024).

Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedy Triadi mengatakan, pihaknya mendistribusikan total 15 Kotak suara untuk 3 tempat pemungutan suara (TPS) khusus di lapas Rajabasa tersebut.

“Untuk pengiriman ini (logistik) karena memang untuk daftar pemilih tetap (DPT) ada 773, dan itu cukup untuk surat suara dan candangan 2 persen. Tapi memang ada pemilih khusus jadi nanti kekurangan surat suara akan dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terdekat,” ungkap Dedy saat diwawancarai.

Dedy menerangkan, logistik yang dikirimkan oleh pihaknya itu secara lengkap diserahkan pada hari ini. “Yang kita kirim ini 5 kotak per TPS jadi ada 15 kotak yang semuanya lengkap seperti surat suara, formulir, maupun perlengkapan TPS,” beber Dedy.

Ditambahkan Anggota KPU Kota Bandarlampung Ika Kartika bahwa pihaknya sudah berusaha optimal dan maksimal untuk menghimpun Daftar Pemilih Tetap (DPT) di warga binaan Lapas Rajabasa Bandarlampung.

“Ini tercatat dalam sejarah Pemilu pertama WBP di DPT kan di lokasi khusus (loksus) Lapas Rajabasa, meski prosesnya penuh dinamika sejak Tahun 2022 akhir sampai dengan 7 Februari 2024. Inilah perjalanan panjang DPT di Kota Bandarlampung, ikhtiar optimal dan maksimal sudah dilakukan, tidak ada yang sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Lapas Rajabasa Bandarlampung Saiful Sahri mengatakan, untuk total DPT di lapas itu sebanyak 773 orang dan sebanyak 56 orang masuk kedalam daftar pemilih khusus (DPK).

“Disini ada 3 TPS dan ada DPT 773 dan DPK sebanyak 56 orang. Dimana DPK itu adalah pemilih yang domisili di Bandarlampung dan sah menjadi pemilih khusus sesuai dengan kriteria dari KPU,” ungkapnya.

Saiful mengatakan, secara prinsip pihaknya siap menghadapi pemilu 2024 di lapas Rajabasa Bandarlampung.

“Secara prinsip kami menyiapkan kamera pada 3 TPS dengan room yang kami siapkan di lantai 2 dan lantai 1 dalam rangka memberikan kepastian Lapas Rajabasa Bandarlampung langsung yang umum, bebas, rahasia jujur adil dan aman,” bebernya.

Dalam menghadapi pemilu 2024, pihaknya akan berkordinasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan pemilihan 14 Februari 2024.

“Pada prinsipnya kami selalu siap untuk berkordinasi dengan KPU, Bawaslu. Kami serius menyelesaikan agenda nasional dan kamipun sudah mengecek secara internal titik titik TPS yang ada, dan sudah disambangi oleh pihak kemananan dari Polsek serta Polresta,” tukasnya. (red)

 1,086 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *