Pernah Menjabat Wakapolda di Lampung, Kini Teddy Minahasa Gantikan Nico Afinta jadi Kapolda Jawa Timur

TOPIKINDONESIA.ID – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta resmi dicopot dari jabatannya pada Senin (10/10/2022). Ia digantikan oleh Irjen Teddy Minahasa Putra Kapolda Sumatera Barat, yang dulu pernah menjabat Wakapolda Lampung di tahun 2018 sampai 2019.

Pencopotan Nico tertuang pada surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/2134/X/KEP/2022 tertanggal 10 Oktober 2022.

Dalam surat telegram tersebut diketahui Nico digantikan Irjen Pol Teddy Minahasa Putra yang sebelumya menjadi Kapolda Sumatera Barat. Adapun Nico mendapat jabatan baru sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri.

Diketahui juga, Teddy Minahasa Putra pernah menjabat Wakapolda Lampung sejak 17 November 2018 hingga 26 April 2019.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo membenarkan telegram tersebut. Ia menjelaskan bahwa mutasi tersebut adalah hal yang alamiah.

“TR tersebut adalah tour of duty and tour of area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” ujar Dedi Prasetyo seperti dikutip dari Tempo.co, Selasa (11/10/2022).

Dedi belum menjawab lebih lanjut alasan mengenai mutasi ini apakah ada kaitan dengan tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu malam 1 Oktober 2022 dan menewaskan 131 orang tersebut. Sebelumnya, Kapolres Malang juga telah dicopot dan 19 polisi diperiksa.

Selain Irjen Nico, Kapolri memutasi empat Pati Polri lainnya, yakni Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dari jabatan Kapolda Sumatera Barat menjadi Kapolda Jawa Timur.

Kemudian, posisi Kapolda Sumatera Barat diisi oleh Irjen Pol Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Irjen Rusdi Hartono juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri.

Kapolri juga memutasi Direktur Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Pol Asep Edi Suheri sebagai Wakil Kabareskrim Polri.

Lalu, memutasi Kombes Pol Adi Vivid Agustiadi yang sebelumnya penugasan sebagai ajudan presiden, diangkat dalam jabatan sebagai Dittipidsiber Bareskrim Polri.(*)

 1,283 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *