Solar Langka Dan Sulit Didapat, Nelayan Terancam Tidak Bisa Melaut

TOPIKINDONESIA.ID – Sudah sepekan BBM jenis solar bersubsidi langka dan sulit didapat, nelayan terancam tidak bisa melaut untuk menangkap ikan dan menafkahi keluarga, Senin (14/03/2022).

Nelayan Cantrang, Musfarianto membenarkan, sejak sepekan lalu, terjadi kelangkaan BBM jenis solar di SPBU. Akibatnya, nelayan kesulitan untuk membeli solar di SPBU.

“Nelayan lebih dahulu harus melengkapi dan menunjukkan lima dokumen diantaranya, surat kepemilikan perahu motor dan surat-surat kelengkapan pemberangkatan melaut,”kata Musfarianto, saat ditemui di pelabuhan Pusat Pelelangan Ikan (PPI).

Menurutnya, jika satu saja dari lima surat itu tidak ada, nelayan tidak akan dilayani dan terancam tidak bisa melaut untuk menangkap ikan.

Jika tidak ada solar, lanjutnya, sudah pasti nelayan tidak bisa melaut dan menafkahi keluarganya. Alternatifnya, nelayan terpaksa menggunakan uang tabungan, menjual barang atau pinjaman uang dari orang lain, untuk menafkahi keluarga.

“Ketimbang menganggur dan melamun dirumah, kami biasanya memperbaiki perahu motor atau alat tangkap ikan (jaring). Kami berharap, pemerintah bisa membantu dan segera mengatasi persoalan kesulitan para nelayan untuk mendapatkan solar khususnya solar bersubsidi,”ungkapnya.(robin)

BACA JUGA:  Gapasdap Gelar FGD, Cari Solusi Agar Tidak Terjadi Kecelakaan Penyeberangan Dampak Muatan B3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *