Kapan Awal Puasa Ramadhan di Tahun 2022 Ini? Simak Ulasannya Dibawah Ini!

Ilustrasi jamaah. Kapan awal Puasa Ramadhan Tahun 2022 ini?. Dok. DKM Masjid An Nur Sakura Residence

TOPIKINDONESIA.ID – Hanya tinggal menghitung hari, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan melaksanakan Puasa Ramadhan di Tahun 2022 ini.

Puasa sebulan penuh itu, biasanya disambut baik oleh hampir semua kalangan baik muda-mudi maupun orang tua, karena di bulan itu banyak sekali pahala yang dilipatgandakan bagi yang mengerjakannya.

Baca juga

Puan Maharani Harap Bambang-Dhony Bangun IKN Nusantara dengan Cepat dan Berkeadilan

Lantas, sudah sejauh mana persiapan anda untuk menyambut Bulan Puasa Ramadhan Tahun 2022 ini?

Dan sudah tahukah awal Puasa Ramadhan di Tahun 2022 ini? Sambil menunggu pengumuman resmi Pemerintah Pusat, simak ulasan berikut:

Momentum Puasa Ramadhan biasanya sangat disambut oleh semua kalangan, karena bulan itu banyak sekali hikmah dan amalan-amalan yang dilakukan selama berpuasa, begitu juga pada malam harinya, melaksanakan sholat taraweh berjamaah dan tadarus alquran hingga ibadah malam yakni tahajud dan hajat, pada sore menjelang Magrib juga berduyun-duyun mencari makanan atau minuman untuk berbuka.

Dikutip dari Kilaulampung.com, pada Sabtu (12/3/2022), Puasa Ramadhan menurut Ormas Muhammadiyah awal Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022 mendatang.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 telah menetapkan awal puasa Ramadhan 2022 atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah berdasarkan perhitungan hisab.

Berdasarkan PP Muhammadiyah tersebut awal puasa Ramadhan atau 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022 mendatang.

Baca juga

Dua Wasekjend Berebut Kursi Ketua Demokrat Lamsel, Bung Adi: Tinggal Nanti Siapa yang Paling Layak Memimpin!

Sementara untuk ketetapan 1 Ramadhan 2022 dari pemerintah khususnya Kementerian Agama (Kemenag) saat ini belum ada, begitu juga dari Pimpinan Nahdlatul Ulama (NU) belum ada informasi terkait awal puasa Ramadhan Tahun ini.

Hal ini mengingat penetapan 1 Ramadhan 2022 oleh Kemenag baru bisa dilakukan pada akhir bulan Sya’ban, karena salah satu caranya penetapannya dengan melihat hilal.

Untuk menentukan awal Ramadhan, Kemenag menggunakan 2 cara, yaitu hisab dan juga rukyatul hilal.

Yaitu dengan dengan cara melakukan perhitungan matematis dan astronomis serta pengamatan langsung terhadap penampakan bulan.

Hasil dari pengamatan hilal yang dilakukan di daerah-daerah di Indonesia itulah yang nantinya akan menjadi pembahasan saat sidang isbat penentuan puasa Ramadhan Tahun 2022.

Baca juga

Caketum HIPMI Bandarlampung Isfansa Mahani Bedah Visi Misi dalam Talkshow di Kampus UBL

Itulah ulasan mengenai kapan awal melaksanakan Puasa Ramadhan di Tahun 2022 ini, semoga bermanfaat.(*)

 1,014 total views,  5 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.