Megawati Resmikan Patung Soekarno di Bandarlampung

  • Bagikan
Megawati Soekarnoputri meresmikan Patung Soekarno di Taman UMKM Bung Karno di Bandarlampung, secara virtual. Foto : Instagram/@Eva Dwiana Walikota Bandarlampung.

TOPIKINDONESIA.ID – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meresmikan Patung Proklamator Sukarno bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-93 yang berada di Taman UMKM Bung Karno, Jl. Gatot Subroto, Pahoman, Kota Bandarlampung, Kamis (28/10/2021).

Presiden kelima 5 Republik Indonesia itu meresmikan patung setinggi 6 meter secara virtual, dari kantor DPP PDIP di Jakarta.

Dalam sambutannya, Megawati berterimakasih kepada semua pihak termasuk kepada kepala daerah kabupaten/kota masing-masing atas terbangunnya kantor DPC dan Taman UMKM Bung Karno di Kota Bandarlampung.

“Saya berterima kasih kepada Bandarlampung yang sudah membuat patung beliau (Proklamator Sukarno), karena bukan hanya karena saya putrinya, tapi karena secara ideologi jika saya mengikuti pikiran beliau,” ungkap Megawati.

Baca juga

Lampung Craft 2021, Gubernur Arinal Djunaidi Berkomitmen Dorong UMKM

Gubernur Arinal Djunaidi Bersama Wamen BUMN Kartika Lakukan Groundbreaking Bakauheni Harbour City

Jadi Daerah Kajian Ketahanan Nasional, Ini Kelebihan Provinsi Lampung!

Presiden Jokowi Wanti-wanti Gelombang Ketiga Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PDIP itu menyampaikan bahwa maksud sebuah patung atau monumen tokoh adalah agar generasi kedepan dapat terus mengingat sejarah, mengingat tokoh, mengingat proklamator dan bapak bangsa ini.

“Patung ini mempresentasikan hal yang telah dibuat oleh seorang pemimpin yang belum tentu dibuat lagi oleh pemimpin lainnya. Jadi yang seperti itu harus selalu diingatkan untuk generasi muda,” ujarnya.

Walikota Bandarlampung Eva Dwiana yang juga kader PDIP bersama forkopimda dan kepala OPD menyaksikan peresmian dalam suasana hujan rintik.

Rencana sebelumnya, Puan Maharani, putri Megawati yang hendak meresmikannya sekitar pukul 15.00 WIB ini. Namun, Megawati sendiri ternyata yang akan membuka selubung merah patung tersebut.

Taman UMKM Bung Karno akan menjadi ikon baru di tengah kota Tapis Berseri. Ada 300 peserta UMKM yang akan berjualan di sepanjang Jl. Gatot Subroto.

Menurut Walikota Eva Dwiana,  patung Bung Karno memiliki filosofi khusus. Gestur mengangkat tangan mengartikan bahwa Bung Karno sedang mendoakan kesejahteraan dan keamanan Kota Bandarlampung.

“Filosofinya untuk mendoakan kita semua, karena biasanya patung-patung Bung Karno yang sudah ada itu memegang tongkat atau sedang menunjuk,” ujarnya.

Plt Dinas Perhubungan Kota Bandarlampung Socrat Pringgadanu menyampaikan tekah dilakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Gatot Subroto mulai dari acara peresmian Taman Bung Karno Kamis (28/10/2021) hingga kegiatan wisata kuliner (30-31/10).

Khususnya pada acara Festival UMKM yang dimulai Sabtu dan Minggu besok ini ya, sudah kami persiapkan dan intinya tidak ada lalu lintas yang melalui Jl. Gatot Subroto pada saat kegiatan itu berlangsung,” kata Socrat.

Ia menyampaikan bahwa hal tersebut juga sudah disosialisasikan, terutama untuk kendaraan besar seperti mobil Pertamina agar tidak melintasi Jalan Gatot Subroto mulai pukul 05.30 hingga 11.00. (*)

 779 total views,  1 views today

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *