Unila Gelar Yudisium dan Pengukuhan Guru Profesional PPG 2023

Topik Indonesia.id, UNILA – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) menggelar Yudisium dan Pengukuhan Guru Profesional Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan gelombang I dan II angkatan 2023, Sabtu, 22 Juni 2024, di Aula K kampus setempat.

Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Sunyono, M.Si., dalam sambutannya melaporkan, jumlah peserta yudisium dan pengukuhan guru profesional hari ini 526 orang, berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Selanjutnya, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi dan Seni Budaya, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

“Kepada yang lulus dan yudisium hari ini, saya ucapkan selamat dan Anda semua berhak menyandang gelar guru (Gr). Selamat telah menyandang Guru Profesional. Semoga dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas mutu pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Prof. Sunyono juga menambahkan, bagi mahasiswa PPG yang belum lulus pada masa UKMPPG periode tahun 2023 diberikan kesempatan untuk mengulang pada UKMPPG periode selanjutnya.

Turut hadir dan memberi sambutan mewakili Rektor Unila, Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan.

“Kepada seluruh guru yang diyudisium hari ini jagalah nama baik profesi dan bekerjalah dengan hati, karena profesi mendidik membutuhkan kesabaran dan hati yang lembut,” ujar Habibullah yang juga Dosen FEB Unila ini.

Lebih Lanjut, ia menambahkan, sebagaimana umumnya sebuah profesi, profesi guru merupakan profesi mulia yang akan menghantarkan dan ikut menentukan masa depan anak bangsa.

Oleh karenanya sebagai guru, Bapak-Ibu harus senantiasa belajar agar bisa mengikuti perkembangan peradaban. Melalui PPG ini, Bapak-Ibu memiliki knowledge dan skill baru dan diharapkan bisa meningkatkan kinerja Bapak dan Ibu.

BACA JUGA:  FKPPIB Gelar Lomba Fotografi Pesona Perkebunan Nusantara

Momen puncak yudisium dimulai dengan pembagian sertifikat pendidik kepada para lulusan. Suasana haru dan kebahagiaan terpancar dari wajah-wajah mahasiswa yang telah menyelesaikan perjalanan pendidikan profesi guru. Kelulusan ini juga diharapkan dapat memberi kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Hal ini juga dirasakan Siti Rohani, S.Pd., salah satu mahasiswa PPG yang saat ini berprofesi sebaga guru di TK Pratama 2 Enggal Bandar Lampung. Menurutnya cita-cita semua guru adalah ikut PPG dan lulus.

“Dengan PPG ini kita bertambah ilmu dan teman-teman baru seprofesi dari berbagai daerah. Alhamdullilah mendapat guru pamong dan dosen yang selalu mendampingi serta membantu kami mengikuti PPG dari awal hingga akhir,” ungkapnya haru.

Rapat senat luar biasa ini juga dihadiri Ketua Senat FKIP Prof. Herpratiwi beserta jajaran Senat FKIP, Ketua, dan Sekretaris Prodi PPG FKIP, Koordinator Bagian Tata Usaha dan Koordinator Subbagian, serta Dosen Koordinator Prodi PPG FKIP.