Pelantikan Rektor Unila Tunggu Jadwal Mendikbudristek

TOPIKINDONESIA.ID – Pelantikan rektor terpilih Universitas Lampung (Unila) periode 2023—2027 Prof. Lusmeilia Afriani tinggal menunggu jadwal Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Pelantikan Januari ini, tapi tanggal pastinya belum diketahui.

“Bulan ini tapi tanggalnya belum tahu,” kata Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek Mohammad Sofwan Effendi, Senin (9/1/2023).

Dia menambahkan jika Unila sudah memiliki rektor definitif, menjadi kewenangan atau hak prerogatif rektor definitif merombak pembantu rektornya. “Semua bergantung rektor nanti mau tetap atau diganti wakil rektornya,” ujarnya.

Sofwan memberi tiga pesan untuk Prof. Lusmeilia Afriani selaku rektor Unila, pertama meningkatkan penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKMK). Kedua harus ada integrasi dan porsi tridharma perguruan tinggi, sehingga setiap dosen punya fleksibilitas sesuai dengan passion masing-masing individu dosen. Terakhir, Unila harus mampu meningkatkan entrepreneurship, riset, dan kerja sama.

“Sehingga tidak mengandalkan pemasukan dari UKT karena ke depan itu akan disandang perguruan tinggi negeri berbadan hukum atau PTN-BH,” ujarnya.

Sofwan berharap Unila harus mempersiapkan segala sesuatu untuk meraih PTN-BH dengan cara mencari pemasukan di luar uang kuliah tunggal (UKT).

“Karena prinsip yang ingin didapatkan dari Unila  ketika PTN-BH tidak menaikkan UKT. Syukur lebih rendah atau minimal sama dengan saat ini,” katanya.(*)

 1,169 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *