Komitmen, Pemkab Mesuji Bentuk Tim Percepatan Penanganan Penyakit Stunting

_empty

Mesuji Lampung,(Topikindonesia.Id) – Pemerintah Kabupaten Mesuji Mengelar Kegiatan Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting sekaligus Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (Selasa 11/10/22)

Kegiatan yang Di Laksanakan Di Lapangan Desa Mekar Jaya Kecamatan Tanjung Raya Itu di Hadiri Perwakilan Ketua TP-PKK Provinsi Lampung beserta Jajaran,Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Syamsudin, S.Sos. ,Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji, Ny Pori Karlia Sulpakar, S.Pd. ,Ketua Dharmawanita Persatuan Kabupaten Mesuji, Ny Chosiatun Syamsudin, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah pada lingkup Kabupaten Mesuji, kepala Desa Sekecamatan Tanjung Raya, Kepala sekolah TK,SD,SMP,SMA/SMK serta Para Pelajar Se-Kecamatan Tanjung Raya.

Mengawali sambutannya Pejabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar,.M.M Mengucapkan ‘ atas nama jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Mesuji saya ucapkan selamat datang kepada Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Ibu Riana Sari Arinal di Kabupaten Mesuji “Bumi Ragab Begawe Caram”
Semoga kunjungan Kerja ini dapat memotivasi dan memberikan inspirasi bagi kami dan masyarakat Kabupaten Mesuji pada umumnya, khususnya terkait penanganan Stunting serta Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak. Kata Pejabat Bupati Mesuji

Ia melanjutkan’ Dengan adanya kunjungan kerja ini, kami berharap akan semakin mempererat koordinasi dan kerjasama yang akan bermuara pada kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Mesuji yang terakomodir lewat Program-Program TP PKK dan Organisasi terkait lainnya terutama dalam urusan masalah Kesehatan seperti Stunting serta Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak .

Pada kesempatan yang berharga ini, saya ingin menyampaikan terima kasih, dan apresiasi, atas terselenggarannya Kegiatan Konvergensi Stunting ini, mengingat Penurunan Angka Stunting merupakan salah satu indikator utama dalam mewujudkan Sumberdaya Manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing melalui penguatan deteksi dini baik intervensi spesifik maupun sensitif secara kolaboratif.

BACA JUGA:  Soal Temuan BPK RI, RSUDAM Baru Nyicil Rp300 Juta dari Total Rp2,9 M

Masih Tambahkan Pejabat Bupati Mesuji’ Konvergensi ini dikuatkan dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang dilaksanakan pada tingkat Kabupaten/ Kota, Kecamatan, sampai tingkat Desa. Untuk mengakselerasi upaya tersebut, Kabupaten Mesuji juga telah menerbitkan Peraturan Bupati Mesuji Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Penurunan Stunting dan mengeluarkan Keputusan Bupati Mesuji Nomor B/142/1.02/HK/MSJ/2022 tentang Penetapan Tim Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022, hal ini sebagai bentuk Komitmen Pemerintah Kabupaten Mesuji dalam Penurunan Angka Stunting.

Tentu pada kunjungan kerja Ibu Ketua TP PKK Provinsi Lampung , kita semua akan mendapat masukan dan saran serta dapat saling bertukar pikiran dalam upaya mempercepat penanganan Stunting ini, karena seperti yang kita ketahui bahwa stunting merupakan suatu kondisi kesehatan yang dapat mengancam kualitas Sumberdaya Manusia suatu Negara,dan hal ini bisa kita cegah mulai dari Remaja, Pra Nikah dan Ibu Hamil dan hal ini membutuhkan dukungan dari para stakeholder terkait yang berelaborasi untuk mencapai tujuan Penurunan Angka Stunting bahkan sampai dengan Zero Case Stunting.amin

Selanjutnya terkait upaya perlindungan perempuan dan anak, diperlukan sinergitas kita bersama secara konsisten dan berkesinambungan melalui upaya-upaya preventif, kuratif, maupun rehabilitatif.

Kekerasan terhadap perempuan dan anak telah memberikan dampak negatif dan luas. Bukan hanya berupa kekerasan fisik, melainkan juga kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan penelantaran. Selain itu, kekerasan terhadap perempuan dan anak juga membawa berbagai persoalan, antara lain: persoalan medis, sosial, hukum bahkan berbagai pelanggaran atas hak asasi manusianya
Menyikapi permasalahan terhadap perempuan dan anak dewasa ini, Pemerintah Kabupaten Mesuji telah membentuk Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Mesuji untuk membantu dinas terkait dalam melakukan upaya perlindungan perempuan dan anak, khususnya di Kabupaten Mesuji.jelasnya.

BACA JUGA:  Dirjen Perhubungan Darat Dan Pejabat Bupati Mesuji Rela Berpanasan Demi Pembangunan Akses Transportasi Air Yang Berpusat Di Tanah Merah Mesuji

Di Akhir Sambutannya Pejabat Bupati Mesuji Mengajak Kaula Muda untuk Selelu Menghormati kedua orang tua dan Guru agar nasehat dan Ilmu yang di berikan Menjadi Berkah, Selin itu ia juga berharap kaula Muda mesuji Untuk tidak memgkonsumsi Narkoba karna dapat Merusak Generasi bangsa.

Di Tempat yang Sama pewakilan Ketua TP.PKK Provinsi Lampung Mengucapkan Apresiasi atas Terselenggaranya kegiatan ini, Mewakili Ketua TP.PKK Provinsi Lampung saya Mengajak semua pihak untuk bersama sama dalam Mengatasi Terjadinya stunting dan Upaya Mengatasi Permasalahan Terkait kekerasan Kepada Perempuan dan anak.

Pada Sesi Kegiatan itu, Pejabat Bupati Mesuji Simbolis Menyerahkan bantuan 5 Kursi Roda dan alat Bantu Dengar untuk warga di Kecamatan Tanjung Raya.(Dmr)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *