Pesta Sekura di Kabupaten Lampung Barat Tradisi Turun Temurun, Warga Menanti Setelah Dua Tahun Pandemi Covid-19, Topeng jadi Ciri Khas

TOPIKINDONESIA.ID – Perhelatan akbar yang ditunggu-tunggu masyarakat Kabupaten Lampung Barat akhirnya telah tiba.

Ya, dua tahun ditiadakan karena dampak Pandemi Covid-19 yang menghantam berbagai belahan dunia hingga Indonesia, pun membawa dampak bagi masyarakat Lampung Barat untuk menggelar Pesta Sekura yang merupakan warisan turun-temurun adat budaya.

Pesta Sekura biasa diadakan setiap setahun sekali, dimana kegiatan itu digelar secara bergantian di beberapa desa, dan dimulai sejak 1 Syawal hingga 6 Hari Raya Idul Fitri.

Cegah Kemacetan, Kapolda Lampung Imbau Beli Tiket Kapal di Jalan Alternatif

Sekura merupakan jenis topeng yang digunakan dalam perhelatan pesta sekura.

Seseorang dapat disebut ber-sekura ketika sebagian atau seluruh wajahnya tertutup.

Sehingga, sebagai penutup wajah mereka, dapat berupa topeng dari kayu, kacamata, kain, atau hanya polesan warna. Hal tersbeut bertujuan menambah kemeriahan acara, sekura bisa dipadukan dengan berbagai busana dengan warna-warna meriah atau mencolok.

Pesta Sekura atau topeng itu merupakan salah satu budaya di Kabupaten Lampung Barat, dimana kegiatan tersebut selain sebagai nuansa hiburan juga menjadi media bersilaturahmi di Hari Raya yang Fitri, sehingg dengan Pesta Sekura makin meriah.

Kegiatan Pesta Sekura, juga sangat dinantikan baik masyarakat di Kabupaten Lampung Barat maupun dari luar daerah, untuk menyaksikan perhelatan tahunan itu.

Sekura juga terdiri dari dua karakter, yakni Sekura Betik (bagus) dan kamak (kotor).

Kecelakaan Mudik Tahun Ini Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Ya, sangat Sesuai dengan namanya, Sekura Betik menggunakan kostum dan topeng yang dibuat dari kain panjang (selindang miwang) khas Lampung Barat, sementara Sekura Kamak mengenakan atribut topeng yang terbuat dari bahan kayu dengan bermacam karakter penjiwaan seseorang.

Yang makin membuat unik adalah, pakaian yang dipakai peserta sekura itu sendiri, yakni baik dari potongan karung, daster, bahkan tumbuh-tumbuhan alami yang diselimutkan ke bagian tubuh sekura dengan bergaya kacamata atau topeng.

Seperti gelaran Pesta Sekura pada Selasa (3/5/2022) di Pekon (Desa) Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat.

Ribuan Sekura dari berbagai Desa atau kecamatan datang untuk memadati pesta tersebut, bahkan menghadirkan artis TikTok yang lagi hits di Kabupaten Lampung Barat yakni Bianca.

Hapis (21) warga Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat mengatakan, perhelatan Akbar itu sangat ditunggu-tunggu masyarakat berbagai kalangan, baik tua, muda bahkan para ibu-ibu dan luar daerah.

Karena, Pesta Rakyat Sekura itu sudah dua tahun tidak digelar karena dampak daripada Pandemi Covid-19. Sehingga saat acara tahun ini digelar tumpah ruah warga berduyun-duyun datang menghadiri dan menonton kegiatan budaya Lampung Barat.

Laksanakan Shalat Ied Di Masjid Baitul A’mal Wirabangun, ‘Setelahnya’, Bupati Saply Sambut Silaturahmi Pejabat Dan Mayarakat

“Iya karena ini sudah dua tahun tidak digelar, akibat Pandemi Covid-19. Maka ketika digelar tahun ini, masyarakat sangat antusias ingin menyaksikan Sekura,” ungkap Hapis.

Hapis pun pernah mengikuti acara Sekura Kamak, dan ikut menaiki pohon pinang yang dimana diatasnya ada berbagai macam hadiah

“Sekura Kamak naik pohon ini juga jadi salah satu ikon unik, karena siapa yang bisa meraih hingga puncak maka mendapatkan hadiah yang sudah digantungkan di atas pohon pinang,” ujarnya.

“Kebudayaan turun temurun ini masih terus dilakukan, hingga saat ini,” sambungnya.(*)

 1,176 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.