Gubernur Arinal Paparkan Pengembangan Lampung Sebagai Lokomotif Pertanian Indonesia

TOPIKINDONESIA.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membangun sinergitas dengan Bappenas RI melalui penyampaian usulan pembangunan strategis Provinsi Lampung di sektor pertanian. Salah satunya terus mengembangkan Provinsi Lampung sebagai lokomotif pertanian Indonesia.

Hal itu terungkap saat Gubernur Arinal mengikuti Rakor Gubernur Se-Sumatera (Rakorgub) Tahun 2022 bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa di Best Western Premier Panbil, Kota Batam, Rabu (23/3/2022).

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal menyampaikan beberapa usulan pembangunan di sektor pertanian untuk mendapat dukungan dari Bappenas.

Seperti usulan Pengembangan Kawasan Sentra Perbenihan Padi, Pengembangan Kawasan Sentra Usaha Pangan dan Hortikultura Berbasis Korporasi.

Kemudian, pengembangan Pelabuhan Perikanan Pantai PPP Labuhan Maringgai Lampung Timur dan pengembangan Kawasan Peternakan Kambing Berbasis Korporasi di Kabupaten Pringsewu.

Arinal mengatakan dengan ditetapkannya Lampung sebagai lokomotif pertanian nasional oleh Kementerian Pertanian, hal ini juga tentu harus didukung oleh semua pihak salah satunya Bappenas.

“Lampung bagian dari Indonesia, untuk itu kita bersinergi dengan pusat untuk membangun Lampung. Mewujudkan Indonesia Maju, Lampung Berjaya,” ujar Arinal.

Ia menyebutkan seperti terhadap usulan pengembangan Kawasan Sentra Perbenihan Padi, ini untuk menjawab permasalahan petani untuk penggunaan benih secara tepat waktu, jumlah, mutu, jenis atau varietas dan harga pada saat pelaksanaan budidaya usaha tani padi.

“Ini juga untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan benih varietas unggul bermutu dan bersertifikat,” katanya.

Arinal menyebutkan dari pengembangan ini akan memenuhi kebutuhan benih padi inbrida varietas unggul bersertifikat di Provinsi Lampung, sekaligus menjadikan Lampung mandiri benih. (*)

 722 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *