Enam Kakon di Sumberejo Resmi Dilantik

TOPIKINDONESIA.ID, TANGGAMUS – Camat Sumberejo Supardi, mewakili Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani
mengambil sumpah dan melantik 6 Kepala Pekon/Desa baru hasil Pemilihan Kepala Pekon serentak beberapa waktu lalu.

Pengambilan sumpah dan pelantikan ditandai dengan penyematan pangkat dan tanda jabatan disaksikan Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan pejabat terkait.

Pelantikan berlangsung sederhana dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan, acara berlangsung di Gedung Serba Guna Kecamatan Sumberejo, Senin (08/03/2021).

Bupati Tanggamus dalam amanatnya yang diwakili Camat Sumberejo Supardi mengatakan, Kepala Desa merupakan unsur penyelenggara pemerintahan Pekon yang berkedudukan sebagai pimpinan pemerintah Pekon.

“Kepala Pekon bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Mengingat tugas dan tanggungjawab yang diemban cukup berat, maka seorang Kepala Pekon harus memandang bahwa tugas yang diemban merupakan amanah rakyat yang harus dilaksanakan penuh tanggungjawab,” jelasnya.

Bupati juga meminta Kakon memegang sumpah dan janji agar senantiasa berperilaku positif, jujur, Amanah dan tidak korupsi.

Disamping itu juga diharapkan Kepala pekon membangun kembali persatuan dan kesatuan masyarakat pekon pasca Pilkakon.

“Rangkul dan bekerjasamalah dengan segenap potensi masyarakat dan memanfaatkan potensi tersebut tanpa memandang perbedaan sebagai pendukung maupun bukan pendukung Pilkakon yang lalu,” pesan dia.

Enam Kepala Pekon yang dilantik dan diambil sumpahnya yakni :

1. Daryanto Kepala Pekon Pekon Wono harjo
2. Suyanto Kepala Pekon Kebumen
3. Sujono Kepala Pekon Tegal Binangun
6. Riswantoro Kepala Pekon Sumber Mulyo
5. Sugiono Kepala Pekon Argomulyo
6. Ali Yunus KepalaPekon Sidorejo

Sempat akan dilaksanakan di akhir Maret 2021, Pelantikan 220 Kepala Pekon terpilih hasil Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) yang digelar akhir Desember 2020 lalu akhirnya dilantik pada Senin ini 08 Maret 2021.

BACA JUGA:  Upacara Pedang Pora Resmi Menyambut Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho

Ada yang berbeda memang pada pelantikan Kepala Pekon terpilih kali ini, selain prosesi pelantikan ditempatkan di masing-masing kecamatan, pelaksanaannya pun secara virtual, guna menekan penularan covid 19.

”Guna tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes) di masa pandemi ini, hanya Kecamatan Kotaagung Timur saja yang tempat pelantikannya di Pemkab Tanggamus, selebihnya dilakukan di kantor camat masing-masing,” terang Fathurrahman.

Sementara Anggota DPRD Tanggamus dari Komisi I, Yoyok Sulistyo yang berada di dapil 3 saat di wawancarai media, mengucapkan Selamat mengemban amanah kepada 6 kepala pekon yang baru saja dilantik bahkan ada petahana Aliyunus dan Sugiono yang menjabat dua kali, bahwa pilkakon kemarin ini membuktikan rakyat memilih yang terbaik.

Yoyok berharap teruslah bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten serta kompak dan harmonis dengan anggota DPRD, terutama yang berasal dari Dapil 3 ini.

“Jalankan tugas sesuai undang-undang dan aturan yang berlaku, jalankan sistem yang ada,” pinta Yoyok.

Yoyok juga mengingatkan bahwa di permendesa no 13 tahun 2020 sudah memberikan arahan bagaimana menggunakan anggaran desa di tahun 2021.

“Tujuan pokok penggunaan DD tahun 2021 dalam rangka mendukung dan melaksanakan program SDGs (Sustainable Development Goals), tujuan pembangunan berkelanjutan,” ungkapnya.

SDGs Desa mengamanatkan jangan sampai ada masyarakat miskin yang tidak tersentuh, ada orang sakit yang tidak tertolong, ekonomi desa harus tumbuh merata, desa harus aman dan nyaman bagi masyarakatnya.

“Kepala Pekon Wajib hukumnya melayani seluruh warganya dengan tulus ikhlas, adil dan transparan,” ucapnya.

Dia juga meminta Lakon baru itu merangkul semua elemen masyarakat dalam membangun dan mengejar ketertinggalan. Wujudkan desa yang makmur dan mandiri.

“Kami anggota dewan akan mengawal jalannya pemerintahan pekon dan di tengah pandemi ini harus mengutamakan kerja, dari pada banyak bicara. Setelah di sumpah menandakan bahwa kepala desa harus seadil-adilnya dalam melayani tanpa pilih kasih kepada masyarakat,” tegasnya.

BACA JUGA:  Serap Aspirasi di Tanggamus, Abdul Hakim Dicurhati Dana Desa

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Camat Sumberejo, Selain Pj Kakon, Uspika, hadir anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, Hendrawan Adam dari Fraksi Golkar, Yoyok Sulistyo dari fraksi PKB, Puji Hariyanto Fraksi PDI Perjuangan. Kapolsek Sumberejo Iptu Takarinto.

Kontributor : Yusuf Setiawan (Pemuda Kec. Sumberejo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.