Tim Uji Klinis Unpad: Setelah 3 Bulan Suntik, Vaksin Sinovac Masih Diatas 90 Persen

TOPIKINDONESIA.ID, JAKARTA – Pemantauan awal imunogenisitas pada vaksin Corona Sinovac cukup baik. Disebutkan, antibodi usai suntik vaksin Sinovac melampaui 90 persen.

Ketua Tim Uji Klinis Fakultas Kedokteran Unpad Prof Kusnandi Rusmil menjelaskan, imunogenisitas 14 hari pasca disuntik vaksin Corona 99,74 persen.

“Setelah 3 bulan pasca imunisasi 99,23 persen,” jelas Kusnandi Rusmil dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan pada Sabtu (23/1/2021).

Menurutnya, hak itu sangat bagus karena kadar antibodi cukup tinggi.

“Ini sangat bagus, kadar antibodinya cukup tinggi di 14 hari hingga tiga bulan itu berkurangnya hanya sedikit,” lanjutnya.

Adapun efek samping yang didapat berdasarkan hasil uji vaksin Corona Sinovac di Bandung, terpantau ringan. Dari 1.620 yang menerima vaksin Corona, ada 25 relawan yang terpapar COVID-19, tujuh di antaranya yang menerima vaksin Corona, sisanya menerima plasebo.

“Keamanan baik, nyeri pada suntikan ada sedikit, myalgia, hingga fatigue atau kelelahan,” jelasnya.

Sementara tujuh orang tersebut disebutnya hanya mengalami gejala ringan seperti batuk hingga gangguan pada indra penciuman dan perasa.

“Dari yang 7 dapat vaksin itu semua (gejala) ringan, kalau kita bagi level beratnya 1, 2, 3, dan 4. Nah, ini level 1 dan level 2, kebanyakan level 1, jadi nggak ada yang berat,” tutur Prof Kusnandi. (sbhn/Fk/TI)

BACA JUGA:  Kapolres Lampung Utara Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Krakatau 2021