Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Lampung, Reihana: Penggunaannya Tunggu EUA

TOPIKINDONESIA.ID, BANDARLAMPUNG – Puluhan ribu vaksin corona virus disease 2019 (covid-19) dari PT Bio Farma Bandung telah tiba di Provinsi Lampung hari ini Senin (4/1/2021).

Vaksin itu saat ini masih ditempatkan di Dinkes Provinsi Lampung dan tengah dihitung jumlah pastinya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan, vaksin Covid-19 itu telah tiba sekitar pukul 02.27 WIB yang dikawal ketat oleh aparat kepolisian.

“Jumlahnya menurut data 40.520 dosis, tapi waktu penerimaan ternyata secara digital eror. Jadi dihitung secara manual dari semalam sampai sekarang. Mungkin sedang menghitung,” ungkap Reihana usai Rapat Paripurna DPRD Lampung, Senin (4/1/2021).

Juru bicata Satgas Penanganan Covid-19 Lampung itu mengungkapkan, vaksin tersebut saat ini disimpan di instalasi farmasi, untuk menjaga suhunya agar tetap berada di 2 sampai 8 derajat celcius.

Reihana menjelaskan, untuk sementara vaksin itu masih belum bisa digunakan, sampai ada emergency use authorization (EUA) atau otorisasi penggunaan darurat.

“Jadi harus menunggu ada EUA dari Balai POM untuk membuka vaksin tersebut. Saat ini perintahnya untuk menyimpan vaksinnya dulu,” ungkapnya.

Reihana menambahkan, tahap pertama, vaksin tersebut difokuskan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 di Lampung.

“Tahap satu untuk nakes yang bertugas di garda terdepan. Sisanya nanti dikoordinasikan ke kementerian kesehatan. Dan kemungkinan hari hari ini sampai besok akan ada zoom meetig terus dengan Kementerian Kesehatan,” jelas Reihana.

Sementara itu Ketua Fraksi Gerindra DPRD Lampung Rahmat Mirzani Djausal meminta agar Satgas Covid-19 Provinsi Lampung dapat segera mendistribusikan vaksin Virus Covid-19.

“Harus cepat di distribusikan,” pintanya saat diwawancarai usai menghadiri pelantikan PAW 6 anggota DPRD Lampung. (Fk/TI)

Loading

BACA JUGA:  LSM GEPAK Lampung Bidik Mantan Manager PLN ULP Menggala