Pemkot Bandarlampung Periksa Kesehatan Hewan Kurban

TOPIKINDONESIA.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melalui Dinas Pertanian melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban baik kambing dan sapi.

Pemeriksaan kali ini dilakukan di penjualan hewan kurban Prima Aqiqah yang berlokasi di Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Senin (10/6/2024).

Kepala Dinas Pertanian Kota Bandarlampung, Erwin mengatakan pihaknya turun ke lapak-lapak di 20 kecamatan di Kota Tapis Berseri dalam rangka Hari Raya Iduladha.

“Kami memastikan semua hewan kurban yang ada di Bandar Lampung siap potong, dan aman, sehat, utuh serta halal,” katanya.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan yakni pemeriksaan kebersihan kandang hewan, dan kesehatan hewan kurban melalui mulutnya.

“Kami pastikan hewan yang beredar di Bandar Lampung adalah daging yang aman dikonsumsi oleh masyarakat,” jelasnya.

Beberapa kriteria hewan ternak yang layak dikurbankan yakni usia kambing minimal satu tahun dan sapi berumur dua tahun.

“Kemudian melihat bahwa hewan kurban benar-benar sehat tidak murung, bulunya mengkilat, dan hewannya benar-benar aktif,” ungkapnya.

Selain itu, Erwin mengeklaim pihaknya belum menemukan hewan kurban yang beredar terjangkit Lumpy Skin Disease (LSD) dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Nanti kalau ada penyakit yang muncul kita sarankan kita obati kalaupun hewan kurban masih ada penyakit kita karantina dulu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Erwin mengaku pengawasan seperti ini akan dilakukan di dua tempat yakni di lapak-lapak pedagang hewan kurban dan musala maupun masjid.

“Untuk di lapak sudah dijalankan sampai H-1. Dan di masjid dari H-1 sampai hari pemotongan,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *