Bupati dan Wabup Lambar Lakukan Pembinaan Perangkat Pekon di 2 Kecamatan

TOPIKINDONESIA.ID – Ratusan peserta yang terdiri dari Juru Tulis (Jurtul) dan pemangku mengikuti Pembinaan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Pekon tahun 2022, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemangku Pelita Jaya Pekon Gunung Ratu Kecamatan Bandar Negeri Suoh (Bns), Selasa (6/12/2022).

Acara yang bertajuk Peningkatan Kapasitas Dalam Tata Kelola Pemerintah Pekon Untuk Terciptanya Pekon Hebat diikuti 154 peserta dari dua (2) Kecamatan, Suoh dan Bandar Nergeri Suoh. Dengan rincian Jurtul 17 orang, Pemangku 137 orang.

Dipimpin langsung oleh Bupati Lampung Barat (Lambar) H. Parosil Mabsus didampingi Wakilnya Drs. H. Mad Hasnurin serta di hadiri Staf Ahli Bupati, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kepala Perangkat Daerah, Camat serta Peratin.

Dalam kesempatan itu, pakcik sapaan akrabnya bagi Bupati Lampung Barat menjelaskan tujuan dilaksanakan pembinaan tersebut diharapkan dapat mengembalikan semangat juang para perangkat pekon yang merupakan ujung tombak dari sebuah kemajuan suatu pekon.

“Mari kita sama-sama berdoa agar status pandemi Covid-19 ini segera dicabut oleh Pemerintah agar kembali terfokus terhadap pembangunan secara fisik,” Sebutnya.

Karena menurut Pakcik, pekon berperan penting dalam kemajuan suatu daerah, kesuksesan program dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat saat ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dan partisipasi dari perangkat pekon dan lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, dirinya berharap perangkat pekon ikut serta dalam merumuskan program yang akan dilaksanakan Pemkab Lambar.

“Jika Pekon-pekon yang ada di Lampung Barat ingin maju dan mandiri, maka bapak-ibu harus ikut serta memberikan sumbangsih pikiran dan masukan kepada bupati supaya yang saat ini statusnya Pekon maju menjadi Pekon mandiri,” Terangnya.

“Meskipun saat ini, saya merasa bersyukur sekaligus bangga sebab Kabupaten Lampung Barat dalam keadaan tertinggal namun di tahun 2019 lalu Lambar keluar dari Kabupaten tertinggal tahun 2020 menjadi urutan nomor enam (6) Kabupaten inovatif lalu tahun 2021 dinyatakan kabupaten sangat inovatif,” Lanjutnya.

“Keberhasilan tersebut bukan hanya hasil atas kerja keras bupati dan jajaran saja, namun karena didukung seluruh lapisan masyarakat yang ada di Lampung Barat,” Sambungnya.

Parosil berharap capaian cemerlang tersebut kedepannya supaya di pertahankan bahkan harus lebih ditingkatkan, sebab saat ini Kabupaten Lambar salah satunya Kabupaten yang mendapatkan penghargaan satya lencana.

“Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada pemimpin daerah yang sudah berhasil memajukan daerahnya dengan program kerjanya berpihak kepada rakyat,”paparnya.

“Salah satunya program Semua Bisa Melanjutkan Sekolah melalui pembagian tiga setel seragam gratis untuk setara Sekolah Dasar (SD), Dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), program ini sampai saat ini baru ada di Kabupaten Lampung Barat,” Pungkasnya.(*)

 1,127 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *