Massa Allah, Hujan Es Terjadi di Sindangsari

TOPIKINDONESIA.ID – Fenomena hujan es terjadi di Kabupaten Lampung Utara. Tepatnya, Kelurahan Sindang sari , Kecamatan Kotabumi, Selasa (25/10/2022) sore.

Sodik, salah seorang warga Sindangsari menyaksikan langsung fenomena yang jarang terjadi ini. Menurutnya itu bermula ketika hujan deras menyertai angin mengguyur daerah tempat tinggalnya.

Beberapa saat kemudian terdengar suara bising yang bersumber dari atas atap rumah miliknya. Ia pun penasaran. “Setelah saya cek keluar rumah rupanya hujan es,” ujar Sodik.

Perlu diketahui, mengutip laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan es disebut dengan ‘hail’, yaitu hujan yang terdiri atas bola-bola es.

Fenomena ini merupakan salah satu cuaca ekstrem yang disebabkan oleh anomali cuaca berupa jatuhan hidrometeor padat (butiran es/salju) ke permukaan bumi dan memiliki diameter antara 5-50 mm.

Hujan es disebabkan oleh pembekuan pada proses kondensasi. Tepatnya saat ada pengembunan mendadak akibat pergerakan massa udara naik dan turun sangat kuat di dalam awan Cumulo Nimbus. Sampai pada massa udara yang sangat kuat itu terbentuk lah partikel es yang besar. (Rody)

 1,239 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *