Alzier Minta Kapolda Berikan Atensi Khusus Penyelidikan Kasus Dugaan Korupsi Diskes Lampung

TOPIKINDONESIA.ID – Koordinator Lembaga Pengawas Pembangunan Lampung (LPPL) M. Alzier Dianis Thabranie, kembali menyorot kasus dugaan korupsi pada Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung yang saat ini sedang ditangani jajaran Polda Lampung.

Alzier meminta Kapolda Lampung, Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus dapat memberikan atensi khusus terhadap jalannya penyelidikan perkara tersebut.

Mengapa ? “Karena Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Reihana, selama ini informasinya terdengar “lihai” dan selalu lolos meski sudah diperiksa oleh penyidik,” tegas Alzier, Selasa (16/8/2022).

Menurut Alzier bukan sekali ini saja, kasus dugaan korupsi pada Diskes Lampung diusut aparat penegak hukum. Mulai dari zaman Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP, Ridho Ficardo, sampai dengan gubernur saat ini, Arinal Djunaidi.

“Tapi meski sudah pernah diusut baik oleh polisi atau jaksa, kasus dugaan korupsi yang terjadi tak pernah terungkap, apalagi sampai ke pengadilan. Ini ada apa. Dapat dipastikan Kadiskes Reihana diduga memiliki “jaringan” kuat sehingga perkara yang ditangani polisi atau jaksa akhirnya pada “menguap”,” tandas Alzier.

Karenanya Alzier pun berharap di era Kapolda Lampung, Akhmad Wiyagus, hal serupa tidak terjadi. Apalagi sang kapolda terkenal tegas dalam menyikapi masalah korupsi. Untuk itu, harus diberikan atensi penuh. Jangan sampai ada celah lolos lagi.

“Dan yang perlu diingat oleh kapolda, saya dan berbagai elemen masyarakat sudah berkali-kali memohon kepada gubernur mulai dari zaman Sjachrodien ZP, Ridho Ficardo atau Arinal Djunaidi untuk mencopot yang bersangkutan dari Kadiskes Lampung. Tapi yang terjadi justru dipertahankan. Perlu juga diusut lebih lanjut, mengapa hal ini sampai terjadi,” pungkas Alzier.

Sebelumnya Politisi PDI-Perjuangan yang kini berlabuh ke Partai Nasdem, Rakhmat Husein DC juga ikut bersuara soal adanya pemeriksaan Reihana, Kadiskes Lampung oleh Polda Lampung. Orang dekat mantan Walikota Bandarlampung, Herman HN ini optimisme dan mensupport kinerja Kapolda Lampung, Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus.

“Yaaap, gonta ganti kapolda sih emang sudah biasa. Nah, paska menjabat sebagai Kapolda Lampung, Irjen Akhmad Wiyagus menegaskan komitmennya terkait pemberantasan korupsi dan perilaku kejahatan di Lampung. Menarik bagi saya, kabarnya yang sedang diperiksa adalah Reihana, Kadiskes yang terkenal sakti dan tak tergantikan di 3 periode Gubernur. Sejak Bang Oedin, Bung Ridho hingga ke Babang Arinal jabatan Kadiskes Lampung tak berganti dari Reihana,” tutur Rakhmat Husein DC.

“Sungguh, sedikitpun tidak berani saya mengatakan bahwa jabatan kadiskes tidak berpindah tangan itu dikarenakan kinerja Reihana yang luar biasa dalam menjawab persoalan kesehatan di masyarakat. Selamat berjuang mewujudkan komitmenmu pak Kapolda. Tentu tidak sebatas pada Reihana,” tambah Rakhmat Husein DC.

Untuk diketahui dalam perkara ini, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kombes Arie Rachman Nafarin mengatakan, jika pihak Polda Lampung telah memanggil lebih dari 21 orang untuk diperiksa. Salahsatu adalah Kadiskes Lampung, dr Reihana. Bahkan, Reihana sudah lebih dari satu menjalani pemeriksaan.(red)

 

 1,126 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *