Warga Antusias Menukar Uang Pecahan Baru Secara Drive Thru-Walk Thru di Kantor BI 

TOPIKINDONESIA.ID – Warga Bandar Lampung antusias melakukan penukaran uang pecahan kecil secara drive thru dan walk thru di depan halaman Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI), Rabu (27/4/2022).

Di halaman bawah kantor BI terdapat lima both perbankan yang melayani penukaran uang pecahan kecil bagi masyarakat secara walk thru. Sedangkan, di halamam atas, terdapat lima both yang melayani penukaran bagi masyarakat pengendara mobil dan motor.

Warga Bilabong Bandar Lampung, Eva, yang melakukan penukaran pecahan secara drive thru dari atas mobil mengaku sangat senang dengan adanya layanan tersebut.

“Lebih mudah ya, jadi kita nggak perlu keluar lagi, tadi saya tukar uang tujun ratus ribu, untuk uang pecahan lima ribu dan dua ribu,” ujar Eva.

Hal senada dikatakan Rita Kusuma Ningsih, warga Kelurahan Talang, Telukbetung Selatan. Menurut Rita, sebagai pekerja, penukaran uang pecahan secara drive thru sangat membantunya, lebih mudah, dan lebih cepat.

“Biasanya kan ngantri, kalau ini lebih mudah, mempersingkat waktu, sebagai pekerja ini sangat memudahkan bagi saya,” kata Rita.

Dia mengatakan, penukaran dapat dilakukan secara langsung menggunakan uang tunai, tanpa persyaratan pendaftaran terlebih dahulu.

“Tadi sempat ditanya udah daftar belum, saya bilang belum, tapi diperbolehkan dan tetap dilayani. Tadi saya menukar uang dua juta tujuh ratus untuk beberapa jenis pecahan,” urainya.

Sedangkan, Setiabudi, warga Tanjungkarang mengharapkan pelayanan drive thru juga dapat dibuka di lokasi perbankan lain.

“Sangat mudah, cepat, nggak ada persyaratan, langasung dilayani. Saya harapannya, layanan drive thru seperti ini lebih banyak lagi di bank-bank lain, nggak hanya di BI, jado lebih enak nyarinya,” ujar Setiabudi.

Kegiatan pelayanan penukaran uang pecahan kecil drive thru dan walk thru ini merupakan bagian dari Program Serambi Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hiriyah. Layanan drive thru dan walk thru di depan kantor BI dibuka selama dua hari, Rabu dan Kamis (27—28/4/2022).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiyono secara resmi membuka pelayanan penukaran uang pecahan kecil drive thru-walk thru. Dalam sambutannya, Budiyono mengatakan, pada layanan drive thru dan walk thru ini ada delapan bank yang terlibat, yakni Bank Lampung, Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, CIMB Niaga, dan BSI.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman bank yang telah membantu BI memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebelumnya, kita juga sudah melakukan layanan kas keliling penukaran uang pecahan di Pasar Panjang, dan Pelabuhan Bakauheni untuk melayani penumpang yang mudik,” kata Budiyono.

Selain itu, kas keliling BI juga melakukan layanan penukaran uang pecahan ke kantor-kantor pemerintahan, dan pasar-pasar tradisional.

“Sekarang, kita buka layanan disini, ada dua, bisa jalan kaki, bisa pakai motor dan mobil. Ini bagian layanan kepada masyarakat untuk menambah kegembiraan. Gembira boleh mudik, gembira bertemu keluarga, menambah kegembiraan itu dengan uang kecil yang baru-baru,” ujar Budiyono.

Dia menjelaskan, layanan drive thru dan walk thru dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Warga bisa menukar uang pecahan kecil di both manapun, tidak harus di both bank nasabah. Layanan dilakukan mulai pukul 8.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Budiyono menyatakan, layanan penukaran uang pecahan ini merupakan tugas BI dalam memenuhi kebutuhan uang kartal dalam bentuk pecahan kecil dalam kondisi baik kepada masyarakat.

Hingga hari ini, realisasi penukaran uang pecahan baru BI mencapai Rp3,4 Triliun atau 81 persen dari target Rp4 Triliun. Nilai ini naik 2,1 persen dibandingkan tahun lalu. (*)

 

Loading