HPN Tahun 2022 Mendikbudristek Nadiem Harap Insan Pers Makin Adaptif dan Tangguh Hadapi Perubahan Zaman

TOPIKINDONESIA.ID – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan ucapan selamat atas peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022.

Puncak peringatan HPN Tahun 2022 diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Baca juga

Bupati Tuba Winarti Terima Penghargaan dari Ombudsman RI Sebagai Kabupaten Terbaik

Nadiem Makarim berharap insan pers makin adaptif dan tangguh hadapi perkembangan zaman yang terus berubah.

“Selamat merayakan Hari Pers Nasional Tahun 2022. Semoga pers Indonesia semakin adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman,” disampaikan Mendikbudristek di Jakarta, seperti dikutip Kilaulampung.com dari laman Kemendikbudristek, Rabu 9 Februari 2022.

Menteri Nadiem juga mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik yang dinilainya mendukung upaya mencerdaskan bangsa.

Baca juga

Gabung Partai Demokrat Lampung, Alzier Ditawari Maju DPR RI

Menurut Nadiem, media massa berperan penting dalam membangun pola pikir dan sikap masyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh insan pers Indonesia yang terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui informasi-informasi yang tepercaya dan berkualitas,” ungkapnya.

Dilanjutkan Nadiem, media massa merupakan salah satu institusi strategis dalam pembangunan karakter bangsa selain sekolah atau lembaga pendidikan.

Menurut Nadiem, Media massa menjadi salah satu sumber belajar penting yang memperkaya ekosistem pendidikan nasional, khususnya di era informasi seperti saat ini.

“Produk-produk jurnalistik menjadi salah satu materi belajar yang memperkaya pengalaman belajar peserta didik maupun para pendidik. Misalnya, sebuah artikel bisa memantik diskusi yang melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif,” katanya.

Baca juga

Mantan Pj Gunung Tiga Lempartanggungjawab ke Kakon Definitip, Diduga Banyak Anggaran Dana Desa Dikerjakan dengan Mark Up

Hal tersebut sejalan dengan program dan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bermuara pada terwujudnya Profil Pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia; berpikir kritis; kreatif; mandiri; bergotong royong; dan berkebinekaan global.

Untuk itu, Menteri Nadiem berharap agar media massa dapat menjaga nilai-nilai utama jurnalistiknya sembari terus berinovasi agar tidak tergerus oleh perubahan zaman.

Baca juga

Transparansi Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 di Pekon Gunung Kasih Terkesan Amburadul Ditutupi

“Memang tidak mudah, tapi saya yakin insan pers nasional kita mampu menghadirkan terobosan-terobosan positif yang dicatat sejarah,” pesannya.

Lebih lanjut, Mendikbudristek berharap kolaborasi insan pers dengan insan pendidikan nasional semakin diperkuat untuk mengakselerasi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia.

“Saya harap peringatan Hari Pers Nasional dapat menjadi momentum terciptanya kolaborasi insan pers nasional dan insan pendidikan yang semakin erat. Kita perlu gerakan bersama untuk mewujudkan SDM unggul yang menghadirkan lompatan-lompatan kemajuan,” ungkapnya.

Baca juga

Kapolri Sigit Paparkan Strategi untuk Antisipasi Lonjakan Covid-19

“Saya mengajak insan pers nasional untuk bersama-sama mewujudkan Merdeka Belajar,” sambung Nadiem.(*/TI

 1,280 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *