Abdul Hakim Dorong Pembiayaan Syari’ah Bisa Diakses ke Desa

  • Bagikan

TOPIKINDONESIA.ID, BANDARLAMPUNG – Anggota Komite IV DPD RI asal daerah pemilihan Lampung Abdul Hakim mendorong agar produk pembiayaan syariah bisa diakses ke seluruh desa.

Ia mengusulkan agar menjadikan masjid sebagai institusi lembaga keuangan syariah. Kepada pihak Bank Syariah Indonesia (BSI) Lampung, Abdul Hakim mengatakan, pihak BSI bisa menjadikan masjid sebagai agen laku pandai.

Kemudian, dana kas masjid disimpan di rekening bank syariah lalu menjadi agen bank syariah dan mengajak jamaah masjid menyimpan dananya di syariah.

Kata Abdul Hakim, aktiva ekonominya menggunakan fasilitas perbankan syariah. Jika ini dilakukan secara massif, akan menjadi gerakan pemberdayaan ekonomi umat melalui masjid dengan bank syariah sebagai lokomotifnya.

Abdul Hakim mengatakan, Ini juga menjadi cikal bakal koperasi syariah berbasis masjid, lembaga keuangan syariah di masjid, dan sebagainya.

“Masjid tidak hanya sebagai pusat kegiatan ibadah ritual, tapi juga pusat pemberdayaan ekonomi umat,” kata senator Lampung ini dalam pesan tertulisnya, Selasa (31/8/2021).

Hal ini direspons antusias oleh Area Manager BSI Lampung Habiburrahman. Menurut Habiburrahman, ide ini bagus sekali. Pihaknya, kata dia, akan membuat action plan dan berkolaborasi dengan pihak terkait untuk segera memulainya, baik ke Kemenag, DMI, ormas Islam, dan lainnya. (Fik/TI)

 234 total views,  1 views today

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *