Abdul Hakim Serap Aspirasi di Pesawaran

TOPIKINDONESIA.ID, PESAWARAN  – Pandemi yang telah melanda bangsa kita bahkan dunia telah mengganggu tatanan kehidupan kita. Sektor kehidupan khususnya kesehatan yang terkena dampak langsung akibat virus covid 19 telah menjalar kepada sektor ekonomi dan sosial.

Kreativitas menjadi kunci sukses warga dan pelaku UMKM untuk bertahan dimasa Pandemi ini. Hal ini terungkap dalam acara dialog dan penyerapan aspirasi anggota DPD RI Perwakilan Lampung Abdul Hakim di depan tokoh masyarakat dan pelaku UMKM di kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, Rabu (28/7/2021)

“Kami butuh bantuan dari pemerintah karena banyak usaha dan pekerjaan kami yang terdampak. Bahkan sebagian dari kami di-PHK oleh perusahaan tempat kami bekerja,” ungkap Yudi, salah seorang peserta.

“Kami jualan serabutan dan untungnya ada keahlian memasak. Pada akhirnya saya jualan kuliner untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Karena suami juga sudah tidak bekerja dikarenakan pemutusan kerja dari perusahaannya.” keluh Wati, peserta lainnya.

Sarjono, peserta lain, juga menyatakan memang banyak warga yang merasakan awal pandemi ini telah menghantam ekonomi masyarakat bawah. Ditambah lagi dengan adanya pembatasan melalui PPKM ini.

“Pelaku UMKM ini butuh tambahan modal dan cara pemasaran,” pungkasnya.

Abdul Hakim mengatakan, salah satu kiat sukses melewati masa pandemi covid-19 adalah dengan kreativitas.

“Pandemi ini memberikan banyak kendala dan keterbatasan. Namun di tengah keterbatasan dan tantangan yang ada, akhirnya banyak menghasilkan kreativitas warga. Kreativitas ini muncul karena keterdesakan kita karena pandemi. Muncul kreativitas pelaku UMKM di sisi produk, manajemen, pemasaran dan lainnya. Kreativitas ini yang membuat kita akan terus eksis dan bertahan di masa pandemi,” ungkap Abdul Hakim. (Fik/TI)

BACA JUGA:  Dilantik jadi Bupati Pesawaran Periode Keduanya, Dendi Janji Prioritaskan Sektor UMKM dan Kesehatan Tingkat Desa