Senator Bustami Zainudin: Pemda Itu Harus Proaktif ke Pusat, Jangan Pulang Sebelum Dapat!

TOPIKINDONESIA.ID, BANDARLAMPUNG – Wakil ketua Komite II DPD RI Bustami Zainudin melaksanakan Reses ke Polda dalam rangka koordinasi Penanganan Covid-19 di Provinsi Lampung.

“Jadi pertama itu dalam rangka koordinasi Penanganan Covid-19 di Lampung. Karena komite Saya berkaitan dengan BNPB dan Pak I Komang Koheri komisi VIII itu Kemensos jadi kaitan dengan bantuan sosial,” ungkap Bustami Zainudin, Selasa (27/7/2021).

Bustami juga mengapresiasi langkah yang telah dilaksanakan oleh Polda Lampung selama masa Pandemi Covid-19.

“Kita apresiasi Polda Lampung sangat sigap mengantisipasi penugasan dari Presiden, memobilisasi peran masyarakat untuk berpartisipasi. Karena berapa pun besarnya APBN ini tidak akan mencukupi tanpa peran serta masyarakat luas, untuk mengurangi dampak dari akibat Pandemi Covid-19 ini,” ungkap Senator asal Lampung ini.

Oleh karenanya, sambung Bustami Polda melalui mitra kerjanya dengan stakeholder lain bisa melakukan konsolidasi Gotong-Royong untuk membantu masyarakat.

“Dan hari ini contohnya 100 ton beras yang diberikan, kemarin 83 ribu paket sembako itu dari pihak ketiga semua CSR nya,” ujarnya.

Selain itu, mantan Bupati Waykanan itu juga mengapresiasi Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno karena sudah menjalankan tupoksinya menjaga keamanan masyarakat Lampung.

“Juga kita apresiasi Polda juga menjalankan tupoksinya menjaga Kamtibmas dan stabilitas keamanan di daerah Lampung. Dan Kapolda mampu mengkomunikasikan dengan tokoh masyarakat, tokoh  adat, mahasiswa, NGO, LSM dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah,” terangnya.

Bustami Zainudin juga meminta agar Kapolda Lampung mewaspadai gerakan-gerakan yang menunggangi disaat kondisi Pandemi Covid-19 ini.

“Tentu fakta kita secara kasat mata tidak ada masalah di Lampung. Dan kita meminta kepada Kapolda Lampung mewaspadai gerakan-gerakan yang menunggangi krisis ini. Menunggangi “isu-isu negatif” mendiskreditkan pemerintah. Padahal pemerintah sudah gak henti-henti bekerja. Ini padahal pemerintah sudah bergerak di tahun kedua. Pemerintah mungkin sudah lelah juga dengan memerangi yang tidak kelihatan ini,” kata dia.

BACA JUGA:  Pastikan Perayaan Imlek 2023 Berlangsung Aman dan Lancar, Gubernur Arinal Bersama Forkopimda Tinjau Tempat Ibadah Vihara

Selanjutnya, lanjut Bustami Zainudin, Reses juga yang kedua pembahasan soal vaksinasi.

“Soal vaksinasi Covid-19 juga kita berterima kasih kepada TNI Polri yang telah berperan dalam vaksinasi massal dan menjaga pendistribusian vaksin hingga tingkat kecamatan. Dan prinsipnya TNI Polri siap untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 ini, asalkan barangnya ada. Maka Pemda harus jemput bola,” jelasnya.

Ia meminta kepada Pemprov Lampung agar proaktif dalam menjemputnya vaksin Covid-19 di pusat.

“Saya berharap jangan hanya bersurat tapi dijemput, ke pusat. Kalau perlu dinas leading sectornya itu tongkrongin di Jakarta gak usah balik kalau belum dapat. Karena target kita vaksin yang sudah dicanangkan presiden ini, berhasil,” harapnya.

Bustami juga berharap kepada perorangan atau masyarakat bisa mencontoh pihak ketiga yang sudah membantu pemerintah dalam berbuat untuk masyarakat.

“Apa yang sudah dicontohkan oleh PT Sinar Jaya Agro Investama yang telah menyalurkan beras 100 ton hari ini, bisa dicontoh oleh yang lain,” pungkasnya. (Fik/TI)