RSUDAM Lampung Tambah 78 Tempat Tidur, Hanya Rawat Pasien Sedang-Berat

TOPIKINDONESIA.ID, BANDARLAMPUNG – Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung menambah 78 tempat tidur pasien Covid-19 akibat terus bertambahnya pasien Covid-19. BOR. Nilai parameter keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) RSUDAM kini melewati angka ideal antara 60-85%, yakni 90%.

Penambahan ini menjadikan rumah sakit rujukan Provinsi Lampung kini memiliki 284 tempat tidur perawatan Covid-19.

“Dalam waktu dekat ini akan menambah jumlah tempat tidur dari sebelumnya 206 menjadi 284, karena 90% tempat tidur yang terpakai untuk pasien Covid-19,” ungkap Wakil Direktur Keperawatan, Pelayanan dan Penunjang Medik RSUDAM Lampung, dr. Mars Dwi Tjahjo, Sp.U., Kamis (14/7/2021).

Ia menjelaskan pelayanan di RSUDAM akan dimaksimalkan, karena mengingat RSUDAM merupakan rumah sakit rujukan.

“Untuk pelayanan Covid terus tingkatkan dengan menambah ruang isolasi dan tempat tidur tambahan. Untuk pelayanan non covid tetap ada dengan menyesuaikan jadwal pelayanannya,” jelasnya.

Dwi menambahkan saat ini RSUDAM Lampung merawat pasien Covid-19 dengan tingkat sedang dan berat saja.

“Kita merawat pasien yang Covid untuk sedang-berat. Sedangkan yang ringan kami menyarankan isolasi mandiri, kecuali pasien ringan dengan kemungkinan menjadi berat seperti memiliki komorbid atau penyakit bawaan berat maka kami anjurkan dirawat,” terangnya.

Dwi menjelaskan untuk pasien Covid-19 di RSUDAM sebagian besar orang dewasa dan hanya 10% anak-anak.

“Bagi masyarakat yang akan berobat ke RSUDAM Provinsi Lampung bisa mendaftarkan diri dahulu melalui pesan Whatsapp ke nomor 081271466465 bagi pasien bisa mendaftarkan diri sehari sebelum berobat. Sementara pasien baru dua hari sebelum berobat,” pungkas Mars Dwi. (**/Fik/TI)

 

BACA JUGA:  KEJARI Tanggamus akan Pelajari Anggaran Dana Desa Gunung Kasih dan Gunung Tiga