Sulpakar: PPDB Berjalan Lancar, Disdikbud Buka Posko Aduan

  • Bagikan

TOPIKINDONESIA.ID, BANDARLAMPUNG – Proses Penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Provinsi Lampung, diklaim berjalan lancar oleh Dinas Pendidikan Lampung, meskipun terdapat beberapa komplain dari peserta dan wali murid. 

“Ya memang, ada beberapa pengaduan terkait keinginan wali murid dan peserta yang ingin masuk SMA tertentu, tapi tidak lolos karena tidak memenuhi kriteria,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung (Disdikbud) Lampung, Sulpakar, saat diwawancarai usai menghadiri sidang Paripurna DPRD Lampung, Jumat (25/6/2021).

Sulpakar menyebut, komplain dari orang tua atau wali murid itu, adalah hal yang wajar, karena menginginkan anaknya tetap sekolah. Oleh karena itu, ke depan Disdikbud Lampung tetap mengevaluasi PPDB sehingga akan lebih baik. 

Menurutnya juga, selama PPDB 2021 ini, Disdikbud dan pihak sekolah membuka posko pengaduan bahkan Ombudsman RI perwakilan Lampung. hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada wali murid dan peserta serta sekaligus tempat untuk menyampaikan keluhan. 

“Saya dengar Ombudsman juga buka posko. Semua komplain sudah kita layani, tetapi kita tetap berpegang teguh degan peraturan yang berlaku,” ujar mantan Kadis Pendidikan Lampung Selatan itu.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Lampung, Nur Rakhman Yusuf mengungkapkan, pengaduan masyarakat lebih dominan terkait teknis. Seperti jaringan kemudian jalur prestasi yang boleh mendaftar di luar zonasi. 

“Semua sudah dilayani dengan baik, tidak ada yang bersifat krusial lebih ke teknis,” jelas Nur Rakhman. 

Nur Rakhman berharap, Disdikbud Lampung memastikan daya tampung terdistribusi dengan baik sehingga tercapai substansi pemerataan pendidikan.

“Kita memahami sesuai regulasi ada keterbatasan daya tampung sekolah, mungkin bisa dioper ke sekolah terdekat apabila sudah terpenuhi. Jangan sampai ada kekosongan bangku,” tandasnya. (Fik/TI)

BACA JUGA:  Kabar Bahagia Buat Warga! Jaga Momentum Pemulihan Ekonomi, OJK Perpanjang Relaksasi Restrukturisasi Kredit Hingga Maret 2023
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *