Intip Perjalanan Rafly Selama MSIB di Dinas PUPR Bengkulu

Topik Indonesia, (Unila): Mahasiswa Universitas Lampung (Unila), Rafly Albin Farid dari Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika angkatan 2021 berhasil lolos Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MSIB) batch enam.

 

Rafly, menjalani program magang di Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta di Dinas PUPR Kabupaten Muko Muko, Bengkulu.

 

Selama enam bulan magang, Januari hingga Juni 2024, Rafly aktif berpartisipasi dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Tugasnya mencakup persiapan, review data, digitalisasi bangunan, perbaikan peta, survei lapangan, dan pembuatan peta dasar menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS).

 

“Pengalaman ini memberi saya pemahaman mendalam tentang proses penyusunan RDTR dan bekerja dalam tim multidisiplin,” ungkap Rafly.

 

Selain itu, ia terlibat dalam pengabdian masyarakat dengan membantu meningkatkan kualitas tata ruang dan pemberdayaan masyarakat lokal.

 

Beberapa kontribusi yang dilakukan antara lain membantu meningkatkan kualitas tata ruang, melakukan pemberdayaan masyarakat lokal, berbagi pengetahuan terkait teknologi informasi dan sistem informasi geografis, serta mengidentifikasi potensi ekonomi lokal. Semua kegiatan itu bertujuan untuk memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

 

Program MSIB ini memberikan pengalaman berharga bagi Rafly. Ia mendapatkan pemahaman mendalam tentang proses penyusunan RDTR, kerja dalam tim multidisiplin, dan interaksi langsung dengan masyarakat lokal.

 

Pengalaman lapangan ini juga memperkaya soft skills seperti kemampuan berkomunikasi, pemecahan masalah, dan manajemen waktu bagi Rafly.

 

Rafly mengungkapkan, tantangan utama selama magang adalah persaingan ketat, adaptasi dengan lingkungan kerja baru, serta menjaga keseimbangan antara tugas magang dan akademik.

 

“Pahami persyaratan dan proses seleksi, isi dokumen aplikasi dengan cermat, dan sampaikan motivasi dengan jelas,” ucap Rafly.

BACA JUGA:  Empat Mahasiswa FEB Raih Juara 2 Paper Competition Komunikasi Ilmiah Mahasiswa Internasional
Penulis: Red