Survei Indikator Politik Indonesia, Capres 2024: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies Baswedan

TOPIKINDONESIA.ID – Indikator Politik Indonesia merilis survei teranyar tingkat keterpilihan tokoh potensial calon presiden (capres) pada simulasi Pilpres 2024.

Hasil simulasi 19 nama, elektabilitas Ketum Gerindra Prabowo Subianto masih menempati posisi teratas masih unggul dibandingkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada dibawahnya.

Baca juga 

Relawan Sobat Erick se-Indonesia Deklarasi Dukung Erick Thohir Capres 2024

Orientasi Pengurus PWI Lampung Periode 2021-2026, Jalin Harmonisasi dan Paparkan Progja

“Polanya tidak berubah, masih tiga nama yang moncer, yakni Prabowo, Ganjar, dan Anies yang elektabilitasnya mencapai dua digit,” ungkap Direktur Indikator Politik Burhanudin Muhtadi, Minggu (9/1/2022) kemarin.

Burhanudin menjelaskan, elektabilitas Prabowo berada di angka 24,1 persen, disusul Ganjar Pranowo 20,8 persen dan Anies 15,1 persen. Di bawahnya ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 6,8 persen.

Bupati Tuba Pastikan Biaya Pengobatan Gratis di RSUD Menggala

Lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,5 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 3,9 persen, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini 3,2 persen. Calon potensial lain masih di bawah 2 persen.

Survei Indikator membuat dua simulasi tokoh capres dengan 33 dan 19 nama calon potensial. Dalam dua simulasi itu, tokoh yang konsisten bertahan di tiga teratas adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Survei ini dilakukan pada 6-11 Desember 2021. Jumlah total sampel sebanyak 1.220 orang responden. Sampel ditarik dengan metode multistage random sampling.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Margin error survei ini sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Nama-nama capres potensial dengan elektabilitas teratas yang dikeluarkan Indikator kurang lebih sama dengan sejumlah lembaga survei lainnya.

Lampaui Target Nasional, Polda Pendorong Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Lampung

Hasil sigi teranyar Lembaga Survei Charta Politika Indonesia yang dirilis pada Desember lalu menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi pertama dengan 25,8 persen, disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 22,3 persen, dan DKI Jakarta Anies Baswedan 17,7 persen.

Sebelumnya, pada bulan yang sama, Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) juga mengeluarkan hasil survei.

Anggota DPR RI Mukhlis Basri Bagikan 2287 Paket Bantuan Beras Mbak Puan Maharani

Sigi menunjukkan Prabowo Subianto menempati elektabilitas tertinggi di bursa calon presiden. Di bawah Prabowo, ada Ganjar Pranowo dengan 16,4 persen, dan Anies Baswedan 12,5 persen.(**)

Loading