Kunjungi BSI Lampung, Abdul Hakim Dorong Sampai ke Pelosok Desa

TOPIKINDONESIA.ID, BANDARLAMPUNG – Anggota Komite IV DPD RI asal daerah pemilihan Lampung Abdul Hakim kemarin Kamis (26/8/2021) melakukan kunjungan kerja di Bank Syariah Indonesia (BSI) Lampung.

Abdul Hakim diterima Area Manager BSI Lampung Habiburrahman.

Abdul Hakim mengatakan, DPD mendorong agar pembiayaan syariah melalui BSI ini bisa merambah secara luas ke usaha mikro dan masyarakat bawah.

“Apa strategi agar produk syariah sampai ke pelosok desa,” tanya Abdul Hakim.

Habiburrahman mengatakan, pihaknya masih terkendala di literasi yang masih rendah. Dengan penggabungan bank syariah, kata dia, kini ada 45 produk unggulan dalam bentuk tabungan dan pembiayaan.

Perihal penyerapan UMKM, ada dua sisi yang dipertimbangkan yakni kebutuhan masyarakat dan besaran dana yang disalurkan. Sementara yang sudah ada akan dilakukan restrukturisasi.

Habiburrahman menjelaskan, sekitar 26% dilakukan restrukturisasi kreditur BSI. Ini akan diberikan dilakukan dengan selektif karena ada tanggung jawab ke deposan.

“Yang masih bertahan adalah KUR dan subsidi margin,” ujarnya.

Ia mengemukakan, kerja sama dengan lembaga keuangan mikro (LKM) tersisa 30 persen dan sekarang masih dihentikan karena ada kendala di sistem yang belum kuat.

“Perlu diperkuat kelembagaannya,” ujar Habiburrahman.

BSI, kata dia, baru ada di 10 kota/kabupaten se-Lampung. Kemungkinan ada tambahan 2-3 lagi. Abdul Hakim ingin ada tambahan alokasi KUR syariah. (Fik/TI)

 415 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *